Fakta Menarik Mobil Toyota: Berawal dari Pabrik Tenun Jadi Perusahaan Otomotif di Dunia

Fathan Alfarizky

Tentang Mobil Toyota 1024x683

Kali ini Rekomended.com hadir dengan konsep artikel yang cukup berbeda sebagai referensi sekaligus edukasi bagi pembaca perihal industri otomotif.

Yaps, kita akan membahas mengenai perjanan dan fakta unik dari mobil Toyota.

Toyota dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang otomotif asal Jepang. Toyota merupakan pabrik produk pabrik terbesar di dunia dalam unit sales dan net sales.

Setiap tahunnya, perusahaan Toyota dapat memproduksi 8-8,5 Juta unit mobil yang tergabung di seluruh dunia. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa perusahaan Toyota awalnya bukanlah perusahaan otomotif, melainkan adalah pabrik yang bergerak di bidang tenun?

Bermula dari nama Toyoda, Sakichi Toyoda membangun perusahaan yang bergerak di industri tekstil, dan kemudian berkembang ke mesin otomotif yang dikepalai oleh Kiichiro Toyoda.

Perusahaan tersebut dibangun oleh Sakichi Toyoda dari tahun 1900-an, dan ditekuni hingga menjadi perusahaan mesin tenun yang dianggap mencerahkan industri Jepang kala itu.

Dari sinilah, awal mula Toyoda yang kemudian terciptanya Toyota Motor Corporation dimulai. Telah bergerak dari beberapa dekade sebelumnya, ada banyak fakta-fakta menarik dari perusahaan asal Jepang ini. Bagi Anda yang ini kredit mobil Toyota, bisa melakukannya lewat Blibli.

Lalu, apa saja fakta-fakta tersebut? Mari, simak ulasan di bawah ini terkait fakta-fakta menarik dari perusahaan Toyota.

Awal Mula Berdiri

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, perusahaan Toyota Motor Corporation berawal dari perusahaan mesin tenun yang bernama Toyoda.

Perusahaan Toyoda dibangun oleh Sakichi Toyoda yang lahir pada 1867 di Jepang. Selama 30 tahun hidup, Sakichi Toyoda mengabdikan dirinya untuk membuat mesin tenun otomatis yang mengantarkannya ke Toyoda Automatic Loom Works, pada 1926. 

Kiichiro Toyoda merupakan anak dari Sakichi Toyoda yang telah ikut bersama Ayahnya serta turut ikut ke pabrik sedari kecil. Hingga pada akhirnya Sakichi Toyoda memilih menjual hak paten mesin tekstil otomatisnya, yang mana uang hasil penjualan itu dijadikan sebagai modal untuk membangun divisi di perusahaan Toyoda, yang bergerak di bidang otomotif.

Divisi ini pada mulanya didirikan pada 1933 dengan nama Toyota Motor Corporation, hingga akhirnya pada 1937 memilih berpisah dari perusahaan Toyoda untuk menjadi perusahaan mandiri. Toyota Motor Corporation juga mengganti nama “Toyoda” menjadi “Toyota”, seperti yang lebih kita kenal saat ini.


Perkembangan Toyota Motor Corporation

Perjalanan dan Pertumbuhan Mobil Toyota 683x1024

Di tahun pertama sebagai divisi dari perusahaan industri tekstil Ayahnya, Kiichiro Toyoda membawa Toyota Motor Corporation menghasilkan inovasi-inovasi terdepan kendaraan otomotif roda empat di masanya. Bersama tim, Kiichiro Toyoda berhasil mengembangkan mobil dengan nama model A1 pada 1935.

Selain itu, Kiichiro Toyoda juga menciptakan truk dengan nama model G1. Pada tahun 1936, Toyota Motor Corporation merilis mobil penumpang pertama mereka, dengan nama Toyoda AA yang merupakan perkembangan dari model A1.

Pergantian nama “Toyoda” ke “Toyota” bukanlah tanpa alasan. istilah “Toyota” dianggap lebih bersifat dinamis serta dianggap sebagai nama keberuntungan karena terdiri dari 8 karakter, yang merupakan angka keberuntungan di kepercayaan masyarakat Jepang.

Selain itu, istilah “Toyoda” dianggap terlalu kaku dan kurang cocok dalam industri bisnis yang sedang dijalankan sehingga perubahan penggunaan Toyota dari Toyoda diberlakukan.

Kiichiro Toyoda benar-benar membawa perusahaannya menjadi sangat berkembang serta menjadi produsen kendaraan otomotif yang tangguh. Pada tahun 1940-an, Toyota disibukkan dengan pengembangan permodalan termasuk memasukkan perusahaan ke lantai bursa, seperti di Tokyo, Osaka, hingga Nagoya. Terhitung di 1947, sudah ada lebih dari 100,000 kendaraan Toyota di Jepang. 

Bermula dari saat itu, perusahaan Toyota mulai meluncurkan berbagai tipe mobil Toyota, seperti Toyota Land Cruiser, mobil mobil Publica, hingga model Corolla. Toyota benar-benar mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan setelah wafatnya Kiichiro Toyoda pada 1952, Toyota semakin gencar mengekspor produksi mobilnya ke negara-negara yang tersebar di seluruh dunia, salah satunya Indonesia. 

Hingga pada akhirnya, Toyota berhasil menjual lebih dari 1 Juta mobilnya secara mendunia. Toyota yang bahkan menjadi perusahaan asal Jepang selama beberapa dekade dapat berkembang pesat di pasar Amerika Serikat.

Mobil-mobil produksi Toyota dikenal dengan perbaikan biaya yang rendah, hemat bahan bakar, serta handal di berbagai medan rintangan. Salah satunya, bisa dilihat dari produksi model Corolla yang selalu laris dan menjadi salah satu favorit bagi orang-orang yang ada di dunia.


Toyota di Indonesia

Toyota di Indonesia 1024x611

Di Indonesia sendiri, Toyota mendirikan PT Toyota Astra Motor sebagai cabang Toyota di Indonesia. Sekarang, pabrik tersebut berganti nama menjadi “Gaya Motor” yang memproduksi mobil-mobil dari Toyota. 

Nah, begitulah beberapa fakta menarik dari Toyota. Saat ini, telah banyak platform maupun e-commerce, yang memungkinkan Anda untuk memiliki unit mobil Toyota impian Anda, salah satu yang terbaik adalah Blibli.

Blibli bukan hanya sebagai tempat penyedia barang kebutuhan Anda, akan tetapi, di Blibli Anda dapat membeli barang yang dibutuhkan serta diinginkan beriringan dengan promo serta diskon menggiurkan. 

Selain itu, di Blibli Anda dapat melakukan kredit mobil Toyota, serta tersedianya berbagai model maupun seri dari mobil Toyota untuk Anda pilih. Kemudian, terdapat jaminan pengembalian produk hingga 15 hari setelah produk diterima, apabila tidak sesuai dengan deskripsi yang telah dicantumkan.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi Anda yang dapat melihat kondisi mobil serta dapat membuat request apabila produk tidak sesuai dengan deskripsi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, cek Blibli sekarang! 

Penulis

Fathan Alfarizky

Mengisi waktu luang dengan menulis di beberapa topik, tekno dan home electronics.

Tinggalkan komentar