6 Tips dan Cara Memilih Speaker Bluetooth yang Bagus

Fathan Alfarizky

Saat membeli speaker bluetooth apa sebenarnya yang harus diperhatikan? Tentunya agar memenuhi kebutuhan dan mendapatkan produk dengan kualitas mumpuni. Belum lagi, brand-brand yang menawarkan speaker bluetooth semakin ramai. Jadi, sebaiknya memilih yang mana?

Oleh karena itu, berikut ini kami rangkum beberapa tips dan cara untuk menemukan speaker bluetooth yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Perhatikan Kualitas Audio

Pertimbangan pertama adalah kualitas audio yang dihasilkan oleh speaker. Umumnya kualitas speaker dinilai dari kejernihan suara, bass, dan tingkatan volume yang dihasilkan. Selain itu, audio juga dinilai dari ketahanan speaker bila digunakan dalam jangka waktu yang lama, apakah speaker akan memiliki suara yang pecah atau kejernihan yang berkurang.

Untuk mengetahui kualitas dari audio yang dihasilkan, cara mudahnya dengan mendengarkan suara yang dihasilkan dari review-review di YouTube. Pada artikel ini, kami juga menyediakan video YouTube cek sound dari masing-masing speaker yang bisa langsung kamu dengarkan.

Kemudian perihal jenisnya, pilih speaker bluetooth stereo bila kamu ingin mendengarkan audio layaknya berada di live music. Jenis speaker ini menghasilkan suara yang lebih detail dan jernih. Sementara itu, pilih speaker bluetooth mono bila kamu menginginkan audio yang tidak terlalu kuat, namun lebih tampil ringkas.


2. Cermati Daya Tahan Baterai

Kemudian, pilih speaker bluetooth yang memiliki daya tahan baterai cukup lama. Dengan sekali proses charging, speaker dapat bertahan cukup lama, biasanya 5-10 jam. Namun, beberapa speaker bluetooth menawarkan daya tahan baterai yang lebih lama. Estimasi daya tahan baterai akan ada pada spesifikasi dari masing-masing speaker.


3. Pilih Outdoor dan Waterproof

Untuk meningkatkan keamanan dari speaker apabila kena tumpahan air atau penggunaan outdoor, sebaiknya pilih speaker bluetooth yang waterproof. Untuk mengetahui waterproof atau tidak, perhatikan spesifikasinya. Waterproof akan ada label waterproof atau evaluasi peringkat IPX4.

Bila menginginkan keamanan yang lebih tinggi, kamu dapat memilih speaker dengan peringkat IPX7 yang waterproof sekaligus tahan banting. Jadi, tak perlu terlalu risau speaker akan rusak bila suatu saat terjatuh.


4. Ketahui Teknologi Speaker Terkini

Fitur lain dari speaker juga harap diperhatikan, misalnya FM, AUX, NFC, versi bluetooth, dan fitur input (USB, SD, microSD). Adanya fitur-fitur ini pada speaker akan memudahkan kita nantinya dalam mengoperasikan.

Sebagai contoh, speaker dengan versi bluetooth 5.0 memiliki performa yang lebih maksimal dari sisi kecepatan dan jangkauan. Kecepatan bluetooth 5.0 hingga 2 Mbps dengan jarak sekitar 120m. Namun, saat ini speaker bluetooth yang berada di pasaran masih didominasi oleh bluetooth versi 4 dengan performa kecepatan 1 Mbps dan jarak sekitar 10 s.d 30 meter. Bila penggunaan untuk kamar versi 4 sudah mencukupi.

Fitur lainnya yang juga cukup penting adalah fitur input, seperti USB, SD, microSD, dan AUX. Masing-masing memiliki fitur untuk memutar musik atau audio tertentu tanpa perlu koneksi ke HP atau komputer. Sementara itu, AUX ditujukan agar speaker dapat terhubung dengan perangkat elektronik lain yang tidak memiliki koneksi bluetooth, misalnya TV lama.


5. Perhatikan Ori atau KW

Perihal orisinalitas juga harap diperhatikan. Sebaiknya pilih produk ori untuk mendapatkan pengalaman dan kualitas yang lebih memuaskan. Saat ini banyak brand baru dan brand lokal yang juga menghasilkan speaker bluetooth berkualitas, misalnya Vyatta, Grotic, Kimiso, atau Eggel. Harganya pun lebih terjangkau.

Bila kamu melihat speaker dengan brand ternama baru dengan harga dibawah 100ribuan, sebaiknya cermati lagi apakah produk tersebut ori atau KW. Cukup sering ditemukan produk KW yang kualitas suaranya tidak begitu jernih dan pecah/sember setelah digunakan cukup lama.


6. Sesuaikan dengan Budget

Pertimbangan yang tak kalah penting adalah budget. Tak sedikit speaker-speaker bluetooth saat ini hadir dengan model modern dan kualitas tak kalah keren. Misalnya, speaker bluetooth Harman Kardon. Desain kekinian dan kualitas audio yang begitu bening. Sayangnya, kualitas tersebut selaras dengan harga yang ditawarkan, ada di kisaran Rp 4 jutaan.

Bila kamu berada di posisi ini, hal yang sebaiknya dilakukan adalah menyesuaikan pilihan produk dengan budget yang disediakan. Kemudian, bandingkan masing-masing produk dengan harga relatif sama, mulai dari kualitas suara, desain, fitur, dimensi, berat, dan daya tahnnya.

Demikianlah 6 tips dan cara memilih speaker bluetooth agar menemukan pilihan yang sesuai dan memuaskan. Kamu juga dapat menemukan referensi produknya apa saja disini: Speaker Bluetooth Terbaik.

Penulis

Fathan Alfarizky

Mengisi waktu luang dengan menulis di beberapa topik, tekno dan home electronics.

Tinggalkan komentar