6 Tips dan Cara Memilih Speaker Aktif yang Bagus

Fathan Alfarizky

Berikut ini kami rangkum beberapa tips memilih speaker aktif yang bagus. Hal-hal apa saja yang sebaiknya diperhatikan saat membeli speaker aktif.

1. Tujuan Penggunaan Speaker Aktif

Hal pertama yang sebaiknya diperhatikan saat hendak membeli speaker aktif adalah tujuan penggunaan dari speaker tersebut. Apakah speaker aktif nantinya digunakan sebagai hiburan untuk anak, karaoke di rumah, event tertentu, acara outdoor, atau sebagai speaker monitor pada suatu event.

Mengetahui tujuan ini diperlukan ditujukan untuk menyesuaikan dengan harga dan kualitas dari speaker aktif yang kita pilih. Sebagai contoh, untuk kebutuhan hiburan anak di rumah, speaker aktif dengan harga kisaran 200 hingga 500 ribuan sudah mencukupi. Namun berbeda dengan speaker aktif sebagai speaker monitor pada event musik, harga di atas 10 jutaan cukup ideal untuk kualitas yang mumpuni.


2. Kualitas Audio hingga Bass

Berikutnya untuk menemukan speaker aktif yang pass, ada baiknya Anda mendengarkan langsung suara dan kualitas dentuman bass yang dihasilkan dari audio tersebut. Anda bisa cek langsung ke toko atau melalui video review di YouTube.

Pada list di bagian berikutnya kami juga telah menyediakan sample audio dari masing-masing rekomendasi speaker. Anda bisa langsung mendengarkan kualitas audionya, disarankan menggunakan headset agar lebih jelas.


3. Daya Listrik yang Sesuai

Kemudian, perhatikan pula daya listrik di rumah atau genset yang dimiliki. Masing-masing produsen speaker akan memberi tahu detail daya listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan speaker. Jadi, dengan mengetahui hal ini dapat meminimalisir putus listrik saat menyalakan speaker di rumah atau suatu event.

Umumnya speaker dengan double woofer membutuhkan daya listrik yang lebih besar pula, namun seiring dengan kualitas yang juga bagus.


4. Speaker Portable atau Tidak

Bila Anda membutuhkan speaker yang mudah dibawa-bawa dan bisa dinyalakan meskipun tidak disambungkan pada listrik, maka speaker aktif portable adalah pilihannya.

Speaker aktif ini memiliki baterai yang sudah ada di dalamnya sehingga Anda dapat mengaktifkan speaker ini meskipun tidak ada sumber listrik di sekitar. Speaker jenis ini cocok bila ditujukan untuk piknik atau event outdoor tertentu.

Harga dari speaker jenis ini juga terbilang terjangkau, mulai dari Rp 200 ribuan Anda sudah bisa mendapatkan speaker aktif portable. Namun, bila kebutuhan untuk speaker monitor atau studio musik, tentu speaker Rp 200 ribuan ini tidak disarankan.


5. Panel dan Fitur

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih memuaskan, perhatikan juga panel dan fitur-fitur apa saja yang ada pada speaker. Hal ini disebabkan adanya perbedaan panel maupun fitur pada masing-masing speaker.

Beberapa poin yang sebaiknya Anda perhatikan, di antaranya:

  • Mode yang disediakan.
  • Panel mic level.
  • Panel echo.
  • Panel bass.
  • Panel volume level.
  • Graphic equalizer.
  • Jenis dan jumlah input.
  • Jenis dan jumlah output.
  • Mic.
  • Konektivitas speaker.
  • USB/SD/Micro SD.
  • DVD.

Bila Anda ingin memiliki speaker yang detail audionya cukup bagus, pilih speaker aktif yang memiliki pengaturan terhadap echo dan bass. Jadi, kualitas audionya bisa disesuaikan.Sebab, terdapat beberapa speaker aktif yang tidak memiliki panel echo dan panel bass sehingga Anda hanya bisa mengikuti pengaturan default yang telah disediakan oleh pabrik.


6. Budget

Terakhir, pemilihan speaker disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Perihal kualitas dan fitur, umumnya harga selaras dengan kualitas yang ditawarkan oleh speaker. Berdasarkan pengamatan yang kami lakukan:

  • Speaker kebutuhan rumah: berkisar Rp 200 hingga 300 ribuan.
  • Speaker event dan karaoke: berkisar Rp 500 hingga 1 jutaan.
  • Speaker monitor dan studio: berkisar di atas Rp 3 juta.

Temukan daftar speaker aktif terbaik disini: Speaker Aktif Terbaik.

Penulis

Fathan Alfarizky

Mengisi waktu luang dengan menulis di beberapa topik, tekno dan home electronics.

Tinggalkan komentar