6 Tips dan Cara Memilih Power Bank yang Bagus

Fathan Alfarizky

Pilihan power bank dari berbagai merk terpercaya saat ini juga hadir lebih beragam. Baik dari sisi kapasitas, fitur, hingga desain semakin canggih dan modern.

Tak heran mengapa hal ini membuat kita sebagai pembeli ragu saat memilih power bank yang bagus? Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips dari kami mengenai tips dan cara memilih power bank, hal-hal apa saja yang sebaiknya diperhatikan.

1. Pilih Power Bank Sesuai Kebutuhan

Utamanya untuk menentukan power bank yang sesuai, cobalah amati kebutuhan Anda ke depan dan perkirakan berapa lama power bank tersebut akan digunakan.

Apakah power bank ditujukan untuk penggunaan harian, ke kantor, cafe, travelling, piknik, staycation, atau naik gunung. Tentu masing-masing aktivitas memiliki jangka waktu yang membuat kita jauh dari sumber daya listrik.

Nah, misalnya Anda hanya kebutuhan harian power bank dengan kapasitas 10.000mAh sudah mencukupi. Namun, bila penggunaan untuk jangka menengah misalnya perjalanan ke luar kota, power bank dengan kapasitas 12.000 s.d 30,000mAh bisa dipertimbangkan. Lalu, ada pula power bank dengan kapasitas 50.000mAh yang cocok bila Anda perjalanan backpacker atau naik gunung.

Tak hanya untuk HP, pertimbangan dalam memilih kapasitas power bank juga dapat disesuaikan dengan keberadaan perangkat elektronik lainnya. Misal, pengisian laptop atau kamera di perjalanan.


2. Perhatikan Kapasitas Power Bank dan Baterai HP

Setelah menentukan kebutuhan dan perkiraan berapa kapasitas yang dibutuhkan, ada baiknya Anda juga mengenali kapasitas dari baterai HP atau perangkat elektronik yang Anda miliki.

Ada HP yang kapasitas baterainya 3.000mAh. Artinya dengan kapasitas baterai sebesar ini dengan power bank 10.000mAh dapat melakukan pengisian sekitar 2x. Namun, bila digunakan untuk lebih dari 1 perangkat, ada baiknya memilih power bank dengan kapasitas yang lebih besar.

Jadi, sebelum membeli power bank coba cek pula kapasitas dari baterai HP Anda agar dapat menentukan kapasitas power bank yang dibeli lebih baik yang mana.


3. Pilih yang Arus (Ampere) Power Bank = Arus HP

Pada detail spesifikasi power bank Anda akan menemui detail besar nilai arus (ampere) yang dimiliki oleh power bank. Semakin besar nilai ampere (A) maka kecepatan pengisian baterai akan semakin cepat pula.

Terdapat beberapa besaran yang bisa ditemui di pasaran, mulai dari 1 hingga 3 ampere. Namun, umumnya rata-rata dari power bank adalah 2.4A atau lebih tinggi. Dengan besar 2.4A ini Anda sudah bisa merasakan kecepatan pengisian baterai yang lumayan cepat, sudah fast charging.

Setelah mengetahui arus dari power bank, cek juga arus dari perangkat elektronik Anda. Misalnya, HP Anda memiliki arus sebesar 2 ampere, maka pilih power bank yang arusnya sama dengan 2 ampere atau lebih. Hal ini ditujukan agar proses pengisian berjalan dengan maksimal dan tidak membuat baterai HP lebih cepat rusak.


4. Pilih Power Bank Safe Flight

Regulasi dari pemerintahan Indonesia melalui Surat Edaran No 15 Tahun 2019 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub RI menyebutkan bahwa seluruh maskapai penerbangan baik dalam maupun luar negeri harus memeriksa yang membawa perangkat elektronik, salah satunya power bank.

Peraturannya adalah hanya memperkenankan penumpang membawa power bank dengan daya per jam tidak melebihi 100 Wh. Jika lebih dari 100 Wh terdapat persetujuan lebih lanjut antara penumpang dengan maskapai. Oleh karena itu, bila sebaiknya pilih power bank yang tidak melebihi 100 Wh bila ditujukan untuk perjalanan dengan pesawat.

Keterangan mengenai apakah power bank tersebut aman dibawa saat penerbangan atau tidak dapat Anda temukan pada spesifikasi dari power bank. Umumnya, brand-brand power bank akan memberikan keterangan safe flight bila aman dibawa untuk bepergian.


5. Perhatikan Jenis USB

Mengingat saat ini masih banyak HP yang belum menggunakan USB Type C, perhatikan pula jenis USB output yang ada pada power bank. Bila HP Anda masih dalam model micro USB ada baiknya mengecek kabel output dari power bank apakah dikhususkan untuk type C atau kombinasi keduanya, bisa untuk type C maupun micro USB.


6. Pilih Power Bank dengan Teknologi Terkini

Setelah mengetahui beberapa hal fundamental dalam memilih power bank (kapasitas power bank, kapasitas baterai HP, besar arus/ampere, safe flight, dan jenis USB). Berikutnya Anda juga dapat mempertimbangkan beberapa fitur power bank lainnya yang juga memudahkan sehari-hari.

Pilih power bank dengan fitur QI bila Anda ingin mengisi baterai HP tanpa perlu kabel. Artinya, fitur ini akan mengisi baterai HP secara wireless. Namun, ini juga perlu penyesuaian dengan jenis HP masing-masing ya, apakah HP mendukung QI atau tidak. Cek pula jumlah port power bank untuk pengisian lebih dari 1 perangkat.

Umumnya, power bank memiliki 2 port output. Jadi, Anda dapat mengisi 2 perangkat sekaligus. Namun, saat menggunakan fitur ini harap perhatikan pula arus dari power bank. Pada spesifikasi teknis power bank akan dijelaskan besaran arus dari masing-masing output. Bila hendak mengisi lebih cepat, pilih output dengan besaran arus lebih besar.

Temukan apa saja pilihan produk power bank yang bagus disini: Power Bank Terbaik.

Penulis

Fathan Alfarizky

Mengisi waktu luang dengan menulis di beberapa topik, tekno dan home electronics.

Tinggalkan komentar