5 Tips dan Cara Memilih Mesin Cuci yang Bagus

Fathan Alfarizky

Sebagai peralatan yang hampir menjadi kewajiban saat ini, berbagai model, tipe, dan merk mesin cuci pun banyak beredar di pasaran. Namun, membuat kita bingung harus memilih yang mana.

Ada mesin cuci 1 tabung, 2 tabung, atau front loading yang kerap kita lihat di laundry. Sebaiknya memilih yang mana?

Oleh karena itu, artikel ini hadir untuk membantu Anda memilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan. Serta hal-hal apa saja yang sebaiknya dipertimbangkan.

1. Perhatikan Daya Listrik

Bagi tim Rekomended, bagian utama yang sebaiknya Anda perhatikan adalah daya listrik yang berada di rumah. Bila daya listrik 450 watt maka sebaiknya pilih mesin cuci dengan watt yang berada di angka 200an watt. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi listrik yang mati tiba-tiba saat menyalakan mesin cuci.

Namun, bila listrik rumah Anda sudah di atas 900 watt, umumnya mesin cuci-mesin cuci saat ini sudah mencukupi. Anda bisa lebih bebas memilih mesin cuci, baik 1 tabung atau 2 tabung. Sementara itu, bila hendak menggunakan front loading sebaiknya listrik Anda ada di angka 1.300 watt atau lebih.


2. Cermati Kapasitas Mesin Cuci

Tips kedua, yakni mengetahui kapasitas dari mesin cuci dan jumlah anggota keluarga di rumah. Bila Anda sendiri, maka mesin cuci mini atau mesin cuci kapasitas 6-7kg sudah mencukupi. Namun, bila anggota keluarga 3 s.d 5 orang, mesin cuci 9kg cukup ideal. Bila lebih dari 5 orang, sebaiknya pilih mesin cuci dengan kapasitas 12 kg.

Bila ingin lebih praktis, Anda dapat memilih mesin cuci 1 tabung top loading. Baik untuk proses pencucian maupun pengeringan kapasitasnya akan sama.

Hal ini berbeda bila menggunakan mesin cuci 2 tabung. Untuk mesin cuci 2 tabung, biasanya kapasitas mesin pengering lebih kecil. Dalam kondisi mesin cuci full, butuh proses pengeringan sekitar 2 kali sebelum dijemur.


3. Sesuaikan Pilihan Tipe Mesin Cuci

Tips ketiga yakni mempertimbangkan tipe mesin cuci yang sesuai. Terdapat mesin cuci 1 tabung, 2 tabung, top loading, dan front loading.

Dari sisi harga, mesin cuci 2 tabung relatif lebih terjangkau. Dengan budget kisaran Rp 900.000 Anda sudah bisa memboyong mesin cuci ini. Namun, bila menginginkan mesin cuci 2 tabung yang lebih awet dan mumpuni, siapkan budget sekitar Rp 1,3juta.

Sementara itu, mesin cuci 1 tabung harganya relatif lebih tinggi daripada 1 tabung. Namun, proses mencuci lebih praktis. Dengan sekali proses, Anda tinggal menunggu hingga pakaian siap dijemur.

Bila ingin mesin cuci yang lebih hemat air dan mencuci lebih optimal, Anda bisa memilih tipe front loading. Selain itu, mesin cuci ini juga memiliki beberapa mode lebih advance untuk mencuci ragam jenis pakaian agar tidak rusak meskipun menggunakan mesin cuci. Sayangnya, tipe ini harganya relatif lebih tinggi daripada mesin cuci tipe lainnya.

Bila disederhanakan:

  • Mesin cuci 1 tabung untuk pencucian lebih praktis.
  • Mesin cuci 2 tabung untuk harga yang relatif terjangkau dan tabung lebih besar.
  • Mesin cuci top loading (1 atau 2 tabung) harga yang relatif terjangkau dan cocok untuk rumahan.
  • Mesin cuci front loading untuk pencucian dengan ragam fitur terkini, hemat air, lebih kering, dan cocok untuk usaha laundry. Bahkan, front loading juga ada yang tipe sebagai pemanas. Jadi, Anda tidak perlu menjemur lagi, pakaian langsung kering.

4. Cermati Mode dan Fitur Mesin Cuci

Sebaiknya Anda juga mengetahui mode dan fitur yang disediakan oleh mesin cuci. Fitur-fitur yang biasanya cukup bervariasi dapat ditemukan pada mesin cuci 1 tabung dan front loading. Sementara itu, untuk mesin cuci 2 tabung umumnya hanya ada beberapa fitur utama, yakni panel mengatur lama proses pencucian dan panel mengatur pengeringan.

Nah, salah satu fitur yang sebaiknya ada pada mesin cuci adalah fitur child lock. Bagi kamu yang sudah berkeluarga fitur ini cukup penting agar mesin tidak nyala atau aktif saat anak iseng menekan atau tak sengaja menekan tombol di mesin cuci.

Kemudian, ada pula fitur untuk tingkatan pencucian normal, pencucian cepat, delay, rinse, spin, dan pencucian untuk jenis pakaian tertentu (baby care, delicate, blanket, blouse, dsb).


5. Cermati Teknologi Mesin Cuci

Kemudian, perhatikan juga beberapa teknologi terkini yang ada pada mesin cuci. Ragam teknologi ini dapat membantu proses pencucian lebih bersih, cepat, dan efektif.

Contoh dari teknologi terkini yang sebaiknya ada pada mesin cuci, seperti:

  • Double pulsator untuk pencucian lebih efektif, kuat, dan hasil yang memuaskan.
  • Anti bacterial untuk hasil dari cucian yang mampu menghilangkan bau apek yang disebabkan oleh jamur.
  • Digital inverter untuk mesin cuci yang lebih tenang dan tidak berisik ketika proses mencuci.

Itulah 5 tips dan cara yang bisa diikuti untuk mendapatkan mesin cuci yang sesuai. Berikutnya perihal pilihan disesuaikan dengan budget dan fitur apa saja yang Anda inginkan.

Bila membutuhkan referensi produknya apa saja, berikut kami rangkum: Mesin Cuci Terbaik.

Penulis

Fathan Alfarizky

Mengisi waktu luang dengan menulis di beberapa topik, tekno dan home electronics.

Tinggalkan komentar