5 Tips dan Cara Memilih Headset Bluetooth yang Bagus

Fathan Alfarizky

Kebutuhan terhadap headset bluetooth di era pandemi dan Work From Home saat ini cukup penting, baik untuk sekolah, bekerja, atau berkomunikasi dengan teman, kerabat, dan sebagainya.

Sayangnya, dari berbagai merk dan jenis yang muncul harus memilih yang mana? Oleh karena itu, berikut ini kamu coba rangkum beberapa tips dan cara memilih headset bluetooth yang bagus agar kamu lebih tepat saat membeli nantinya.

1. Perhatikan Kualitas Audio

Pertimbangan pertama adalah kualitas audio yang dihasilkan. Penilaian terhadap bass dan kejernihan suara merupakan dua hal yang kerap dijadikan patokan kualitas audio dari suatu headset. 

Untuk mendapatkan pilihan yang sesuai, saran dari kami adalah mencoba langsung produk tersebut. Bila tidak memungkinkan, melalui rekomendasi berikut ini atau review pengguna lainnya juga dapat diandalkan.


2. Cermati Jenis Headset

Kemudian, ketahui jenis headset yang kamu minati. Terdapat beberapa tipe umu headset, yakni headphone, neckband, atau TWS.

Masing-masing jenis memiliki fungsi dan keunggulan tersendiri. Misalnya, headphone direkomendasikan bila kamu ingin tanpa suara bising (active noise canceling), neckband ditujukan untuk olahraga, dan TWS untuk penggunaan untuk ragam kegiatan.


3. Ketahui Daya Tahan Baterai

Setelah menentukan jenis headset dan menemukan beberapa kandidat produk yang sesuai, sebaiknya ketahui daya tahan dari headset bluetooth tersebut. Saat ini rata-rata headset bluetooth bertahan dalam waktu 5 jam nonstop. Kemudian, pengisian ulang baterai sekitar 2 s.d 3 jam untuk digunakan kembali.

Untuk mengetahuinya kamu dapat melihat keterangan yang telah disediakan oleh pabrik atau uji coba yang biasanya dilakukan oleh youtuber pada review mereka.


4. Cermati Versi Bluetooth

Versi bluetooth terbaru pada saat artikel ini ditulis adalah bluetooth v5.2. Versi bluetooth yang dirilis pada Januari 2020 kemarin. Seiring dengan meningkatkan teknologi bluetooth, proses transmisi pada bluetooth v5 semakin cepat. Dibandingkan versi 4, bluetooth v5 memiliki laju transmisi 2x lebih cepat dan jarak 4x lebih besar.

Oleh karena itu, pilih headset bluetooth dengan versi bluetooth 5.0 bila kamu menginginkan proses transmisi audio lebih real time dan lebih luas. Saat ini di pasaran bluetooth versi 5 juga telah ramai dengan harga yang cukup terjangkau. 

Sebagai contoh headset bluetooth dari Xiaomi, Xiaomi Haylou GT1 dengan bluetooth versi 5.1 dibanderol dengan harga kisaran Rp 249.000.


5. Ketahui Fitur Headset Lainnya

Terakhir, perhatikan pula fitur-fitur menarik lainnya yang ditawarkan. Misalnya, jumlah perangkat yang dapat terhubung, fitur call, ketahanan terhadap air, kecepatan pengisian baterai, berat, dan integrasi dengan aplikasi di HP.

Demikianlah pembahasan mengenai tips dan cara memilih headset bluetooth yang bagus. Bila kamu membutuhkan referensi produknya dapat mengunjungi link berikut: Headset Bluetooth Terbaik.

Penulis

Fathan Alfarizky

Mengisi waktu luang dengan menulis di beberapa topik, tekno dan home electronics.

Tinggalkan komentar