Cara FYP TikTok

Fathan Alfarizky

TikTok, media sosial yang kini sedang naik daun. Tak hanya untuk hiburan semata, tiktok juga bisa menjadi jalan bagi yang yang ingin menjadi content creator, buka usaha, dan memasarkan produk.

Yaps, banyak saat ini perusahaan yang berfokus viral di tiktok untuk mendapatkan awareness hingga konversi dari produk-produk mereka.

FYP (For You Page)

Nah, kunci utama agar produk viral adalah masuk pada halaman FYP atau For You Page. Dengan masuk ke halaman ini, video kamu akan ditonton oleh banyak orang meskipun orang tersebut tidak follow akun kamu.

Namun, video kamu akan ditampilkan pada orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan topik konten dari video kamu.

Misalnya.

Produk kamu adalah parfum pria yang membantu orang untuk lebih pede, wangi tahan lama, dan bikin macho. Maka, dengan FYP, video tiktok akan ditampilkan pada pria yang berpotensi memiliki minat terhadap hal tersebut. Hal ini semua akan diolah oleh algoritma dari TikTok di belakang layar.

Oke okey, saya mulai paham. Lalu, bagaimana caranya agar FYP?


Contoh FYP TikTok

Untuk kamu yang penasaran bagaimana video FYP tersebut, case study pada akun @ragelchanz_siahaan ini cukup menarik dibahas.

Dengan follower sekitar 4 ribuan, namun terdapat video pada akun tersebut yang mencapai view 1.5M.

Yaps, video ini viral karena kisah inspiratif dari kak Dara Nasution yang menceritakan mengenai Tips Mendapatkan Beasiswa ala Mahasiswa Oxford. 

Video Viral TikTok

Bila dilihat view pada video lainnya tidak begitu besar. Namun, karena FYP serta sharing dari media sosial lainnya, video ini mendapatkan atensi (views) lebih dari biasanya.

Jadi, dengan FYP TikTok, tidak menuntut kamu untuk memiliki follower banyak terlebih dahulu. Dengan konten dan timing yang tepat, kamu bisa mendapatkan view yang lebih banyak.

Menarik, kan?


Cara FYP TikTok, Ini Optimasinya

Setidaknya meningkatkan peluang videomu untuk FYP.

Langkah #1: Gunakan Hashtag yang Tepat

Pertama, setiap kamu mengunggah video gunakan hashtag yang viral dan relevan dengan videomu.

Contohnya video kamu adalah video lucu-lucuan, beberapa hashtag yang dapat ditambahkan, seperti #comedia, #humor, #lucu, dsb.

Sementara itu, misalnya video kamu mengenai motivasi, hashtag #motivasisukses, #bisnis, #motivasibisnis, #tipsbisnis, #sukses, dsb.

Hal yang sama pada produk-produk bisnis, misalnya produk skincare. Hashtag yang dapat ditambahkan, misalnya #tipsskincare, #skincare, #jerawat, dan hashtag lainnya yang berhubungan dengan produk kamu.

Tak jarang pula, video-video pada halaman FYP juga menyertakan hashtag FYP itu sendiri, misalnya #FYP, #foryou, #foryoupage, atau #fypviral. Jadi, coba tambahkan juga ya hashtag ini.

Langkah #2: Buat Video Kualitas HD, Singkat, dan Menarik

Kedua, dari sisi tema buat video dengan keunikan yang khas dan value tambahan bagi penonton.

Contoh valuenya, ilmu baru, trik baru, hal unik, atau motivasi.

Kemudian, usahakan juga untuk menyajikan video dengan kualitas tampilan yang bagus, misalnya 720p atau HD. Jika HD tentu akan lebih bagus bagi penonton.

Adapun rentang waktu video yang dapat kamu buat, sekitar 15 hingga 16 detik.

Tips dari kami, apabila saat menggunakan tiktok kamu menemukan video yang cukup bagus untuk dijadikan referensi kedepannya, kamu bisa download video tiktok tersebut.

Hal ini dapat dilakukan dengan fitur “Save Video” dari TikTok atau TikTok Downloader. Contohnya tools dari Ubixlo dengan alamat savetik.ubixlo.com.

Langkah #3: Gunakan Caption Menarik

Kolom caption video tiktok hanya dibatasi 150 karakter saja. Pada kolom ini, kamu berupaya untuk menulis caption serta hashtag untuk menarik minat atau mendeskripsikan video kamu secara singkat.

Beberapa model caption yang bisa kamu tulis, seperti headline, pertanyaan, atau motivasi.

Misalnya, video kamu mengenai tips pada Microsoft Excel untuk mengurutkan nomor, contoh captionnya “Tips Mengurutkan Nomor di Excel”. Begitu pula untuk video motivasi, contohnya “Nikmati Prosesnya”.

Ya, menarik dan ringkas.

Lalu, tambahkan 3 hingga 4 caption yang berhubungan dengan video kamu.

Langkah #4: Gunakan Audio yang Sedang Viral

Pada TikTok, kamu dapat menggunakan berbagai musik kekinian atau lawas sebagai background video.

Nah, agar meningkatkan peluang untuk FYP, gunakan musik-musik yang sedang populer.

Bagaimana cara menemukan musik yang pas?

Pilihan ini ada sesaat sebelum kamu meng-upload video tersebut pada bagian “Sounds”. Terdapat musik di bagian “Recommendations” atau More. Pada “more” kamu akan menemukan playlist untuk musik yang sedang viral.

Langkah #5: Upload pada Prime Time TikTok

Lalu, setelah video kamu jadi maka upload video tersebut pada waktu prime time. Artinya, upload saat pengguna TikTok sedang ramainya membuka aplikasi.

Sederhananya, pengguna TikTok akan ramai pada saat jam istirahat kerja, sesampainya di rumah (malam hari), dan hari libur.

Beberapa jadwal FYP TikTok berdasarkan Ponselio, sebagai berikut:

Jadwal FYP TikTok
  • Senin: 12.00 s.d 13.00.
  • Selasa: 16.00 dan 19.00 s.d 21.00
  • Rabu: 11.00 dan 20.00 s.d 21.00
  • Kamis: 12.00, 16.00, dan 19.00 s.d 21.00
  • Jumat: 11.00 s.d 13.00 dan 19.00 s.d 22.00
  • Sabtu: 09.00, 11.00, dan 19.00 s.d 21.00
  • Minggu: 07.00, 08.00, 11.00, 16.00, 19.00 s.d 21.00

Langkah #6: Tingkatkan Interaksi pada Video

Terakhir, upayakan interaksi ramai pada video untuk meningkatkan engagement video TikTok tersebut.

Beberapa interaksi yang berpengaruh terhadap peluang video kamu FYP, yakni comments, like, dan share dari video.

Jadi, saat kamu meng-upload video, bisa arahkan follower atau teman-temanmu untuk memberikan interaksi tersebut pada video.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa cara yang dapat kamu implementasikan untuk membuat video TikTok masuk ke halaman FYP.

Penulis

Fathan Alfarizky

Mengisi waktu luang dengan menulis di beberapa topik, tekno dan home electronics.

Tinggalkan komentar