12 Website Lowongan Kerja Terbaik dan Terpercaya 2021

Fathan Alfarizky

Adanya situs/aplikasi untuk cari lowongan kerja pada saat ini dapat membantu Anda untuk mencari dan melamar pekerjaan secara online.

Selain mempermudah dalam mencari pekerjaan, situs-situs ini juga dapat membantu Anda dalam mengetahui requirements, lokasi, serta rentangan gaji yang akan didapatkan.

Adapun pekerjaan pada situs-situs ini juga beragam, Anda dapat menemukan pekerjaan full time, kontrak, part time, atau freelance. Jadi, cukup bervariasi yang dapat disesuaikan.

Untuk itu, berikut 12 rekomendasi situs cari lowongan kerja terbaik versi Rekomended.com yang dapat Anda kunjungi dan mencari berbagai lowongan kerja.

Daftar Situs Cari Lowongan Kerja

1. Linkedin Jobs

https://www.linkedin.com/jobs/

Situs Lowongan Kerja Linkedin Jobs

Bagi para pencari kerja, Linkedin mungkin sudah menjadi aplikasi yang wajib untuk di download.

LinkedIn merupakan sebuah platform media sosial yang dikhususkan bagi para profesional. Aplikasi ini adalah tempat terbaik bagi yang sedang mencari tempat pekerjaan, magang, atau untuk saling terhubung dengan kolega atau rekan bisnis.

Tak seperti media sosial lainnya yang lebih pada aktivitas kehidupan sehari-hari atau sharing berbagai hal umum.

Di Linkedin, Anda akan berkumpul dengan para profesional, mulai dari pemilik bisnis, manajer, HRD, supervisor, dan karyawan.

Oleh karena itu, dengan menggunakan LinkedIn Anda akan lebih dekat dengan persona-persona yang berada di industri.

Dengan komunikasi dan membangun hubungan bisa menjadikan salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan.

Berikut beberapa langkah mencari lowongan kerja di LinkedIn:

  • Buka https://www.linkedin.com/ atau aplikasi.
  • Daftar/masuk ke akun Anda.
  • Pada kolom “search” atau “pencarian”, ketik posisi yang Anda inginkan. Misalnya, “sales”; “marketing”; “customer acquisition”; “security“; “administration“; “data“.
  • Kemudian, akan ada berbagai lowongan yang tersedia berdasarkan kata kunci tersebut.

Agar profil Anda makin menarik, lengkapi detail pada halaman profil. Layaknya CV, mulai dari data pendidikan, pengalaman, kegiatan, project, skill, dan sebagainya dituliskan pada Linkedin.

Namun, data pribadi yang cukup sensitif seperti tanggal lahir dan alamat lengkap jangan ditampilkan. Tampilkan informasi umum, misalnya pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman volunter, sertifikasi, project, dan informasi yang sifatnya umum lainnya.

Kemudian, lakukan pula request “Connect” atau “Terhubung” pada pengguna-pengguna LinkedIn lainnya yang satu industri dengan Anda.

Hal ini dapat memperluas peluang Anda mendapatkan tawaran suatu pekerjaan dari HRD atau recruiter yang sedang mencari karyawan untuk posisi tertentu.

Sementara itu, bagi Anda yang sudah berpengalaman. Sebaiknya juga mulai membangun personal branding dengan sharing melalui posts.

Dengan personal branding yang bagus, tidak menutup kemungkinan para HRD akan melirik profil pengguna dan bahkan akan tertarik untuk mengajak bekerja tanpa pengguna yang meminta pekerjaan.

Cara Mencari Lowongan Kerja di Linkedin Jobs


2. Karir

https://www.karir.com/

Situs Lowongan Kerja Karir com

Karir.com, situs lowongan kerja terpercaya berikutnya yang didirikan oleh PT Karir Komunika Pratama.

Situs ini memiliki fasilitas pencarian lowongan kerja yang dapat membantu para pencari kerja untuk menyortir pekerjaan berdasarkan posisi, nama perusahaan atau kata kunci lainnya.

Sebagai contoh, sang pekerja berlokasi di Sulawesi dan tidak memungkinkan untuk mencari kerja di luar pulau, maka pencari kerja tinggal memanfaatkan fitur sortir tersebut.

Anda dapat mencari berbagai lowongan pekerjaan dari berbagai industril, misalnya:

  • Ritel
  • Farmasi
  • Kesehatan
  • Properti
  • Manufaktur
  • Teknologi
  • Telekomunikasi
  • Keamanan
  • Otomotif
  • dan sebagainya

Situs ini juga memberikan rekomendasi perusahaan-perusahaan terbaik versinya. Saat terdapat lowongan untuk posisi tertentu, pengguna akan menerima email sesuai dengan resume yang dicantumkan saat pertama kali mendaftarkan akun di sana.

Menariknya lagi, untuk membantu job seeker terdapat fitur gratis untuk tes dan fitur pengembangan diri langsung oleh para ahli psikolog.

Hal ini tentu sangat menguntungkan para pencari kerja untuk menyesuaikan sesuai dengan skill yang dimiliki.

Cara Mencari Kerja di Karir.com


3. JobStreet

https://www.jobstreet.co.id/

Situs Lowongan Kerja JobStreet co id

Situs selanjutnya adalah JobStreet, didirikan di Malaysia pada tahun 1997.

Selain di Indonesia, situs ini ternyata juga digunakan di negara lain seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Filipina.

Mitra dari JobStreet juga sangat beragam, mulai dari perusahaan Australia sampai Afrika Selatan. Terhitung ada 80 ribu perusahaan yang menjadi mitra untuk mencari karyawan melalui JobStreet.

Dengan jumlah yang sangat banyak ini, suatu peluang bagi Anda yang hendak mencari lowongan.

Untuk memulai mencari lowongan kerja di JobStreet, berikut caranya:

  • Kunjungi situs https://www.jobstreet.co.id/.
  • Cari lowongan menggunakan filter pencarian atau berdasarkan perusahaan ternama, seperti Accenture, Hexa, AstraLife, dan sebagainya.
  • Lihat deskripsi pekerjaan, requirements dan skill apa yang dibutuhkan, rentang gaji (jika ada), dan beberapa informasi tambahan.

Setelah menempatkan lamaran pada lowongan tertentu, Anda dapat memantau proses dari lamaran tersebut.

JobStreet akan memberikan keterengan perihal proses lamaran yang sedang berlangsung, seperti lamaran diterima, proses wawancara, dan beberapa proses berikutnya hingga ditetapkan sebagai salah satu karyawan.

Lalu, JobStreet tidak hanya sekedar memberikan banyak pilihan lowongan kerja, akan tetapi situs ini juga dilengkapi dengan berbagai tips karir.

Tips karier ini berisi artikel-artikel yang berguna untuk mempermudah pembacanya agar mendapatkan karir yang baik.

Cara Mencari Lowongan di JobStreet


4. Loker ID

https://www.loker.id/

Situs Lowongan Kerja Loker ID

Loker ID secara sekilas tidak berbeda jauh dari 3 situs di atas. Pada halaman depan terdapat filter pencarian lowongan kerja.

Seperti fitur kategori yang berisikan kategori industri pekerjaan, fitur lokasi yang memudahkan pencari kerja menentukan sesuai lokasinya, fitur edukasi yang menentukan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan.

Keunggulan lainnya yang cukup menarik, yakni terdapat fitur khusus untuk menentukan berapa besaran gaji yang diinginkan oleh pencari kerja.

Kemudian, ada pula fitur yang tak jauh menarik yang menjadi keunggulan Loker ID, yakni menu untuk membuat resume secara online.

Artinya, pencari kerja tidak perlu lagi repot-repot membuat resume CV secara manual, karena di Loker ID disediakan secara gratis.


5. Jobs ID

https://www.jobs.id/

Situs Lowongan Kerja Jobs ID

Situs lowongan kerja selanjutnya adalah Jobs ID. Situs lowongan dengan tampilan website yang sederhana yang mudah digunakan.

Tak jauh berbeda dengan situs loker lainnya, Jobs ID memberikan banyak fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mencari kerja sesuai dengan kebutuhannya.

Ada lima fitur pencari kerja, seperti pencarian lowongan berdasarkan posisi, lokasi, perusahaan, bidang, serta industri.

Pengguna bisa memanfaatkan kotak pencarian untuk mencari pekerjaan yang diinginkan berdasarkan kategori tadi.

Namun, jika pengguna tidak memanfaatkan kotak pencarian, pengguna juga bisa langsung melihat berbagai lowongan terpopuler saat itu.

Lokasi pekerjaan juga sangat beragam, seperti Jakarta, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Balikpapan dan kota besar lainnya.

Perihal jenis pekerjaan, Anda dapat menemukan pekerjaan mulai dari level magang, fresh graduate, atau mid level. Namun, umumnya berisi lowongan magang dan fresh graduate (entry level).

Jadi, situs ini cukup cocok bagi mahasiswa yang sedang berkualiah atau baru lulus untuk mencari pengalaman kerja pertama kali.


6. TopKarir

https://www.topkarir.com/

Situs Lowongan Kerja TopKarir

Saat mengakses TopKarir pertama kali, pengguna akan dituntut untuk mengenal berbagai jenis fitur yang ditawarkan.

Untuk mencari lowongan, Anda dapat memilih menu “Lowongan Kerja” atau “Magang”.

Pada lowongan kerja, terdapat filter pencarian pada bagian atas perihal detail lowongan yang Anda cari.

Misalnya, mencari informasi seputar lowongan bagian “sales”, “tax”, “customer acquisition”, “kepala satpam”, “satpam”, atau “office boy”.

Sementara itu, pada menu “magang” Anda dapat menemukan berbagai posisi internship.

Menu ini cukup cocok bagi Anda yang sedang mencari pengalaman untuk masuk ke dunia professional.

Selain itu, Topkarir juga menyediakan berbagai informasi seputar beasiswa, info-info pelatihan kerja, dan ada pula program khusus yang ditawarkan oleh Topkarir demi menunjang peningkatan skill pengunjungnya.


7. Glints

https://glints.com/id

Situs Lowongan Kerja Glints

Glints, salah satu situs lowongan kerja yang mungkin sudah tak asing lagi di mata para pencari kerja.

Saat mengakses situsnya, pengunjung akan diberikan tampilan user interface yang menarik dengan kombinasi kuning dan putih yang nyaman di mata.

Untuk mendapatkan informasi lowongan yang sedang dibuka melalui glints, sebagai berikut:

  • Buka halaman https://glints.com/id/lowongan-kerja.
  • Ketikkan kata kunci posisi yang ingin Anda cari atau gunakan filter untuk menemukan lowongan yang ingin Anda lamar.
  • Klik salah satu lowongan yang menurut Anda menarik untuk mengetahui detail pekerjaan.
  • Klik “Lamar” untuk mengajukan lamaran.

Glints juga memiliki beberapa fitur lain yang menunjang jobseeker dalam mencari lowongan pekerjaan.

Pertama, fitur komunitas yang memberikan pengunjung kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, berdiskusi persoalan dunia pekerjaan dalam berbagai bidang.

Pada komunitas ini pengunjung akan dipertemukan dengan para pencari kerja lainnya untuk saling berbagi pengalaman atau informasi terkait dunia kerja lainnya.

Ada pula fitur expert class. Fitur ini memungkinkan para pengunjung untuk memilih kelas-kelas yang akan mendukung pengembangan diri dan profesionalisme kerjanya.

Kelas tersebut seperti marketing, data & analisis, human resource, design dan berbagai pelajaran lainnya.

Tak hanya itu, Glints juga memiliki fitur upgrade melalui academy-nya. Di sini seperti sebuah startup school sebagai tempat belajar hal-hal baru yang lebih realistis tentang dunia pekerjaan.


8. Kalibrr

https://www.kalibrr.id/

Situs Lowongan Kerja Kalibrr 1024x500

Kalibrr merupakan salah satu situs lowongan kerja terbesar di Asia Tenggara.

Didirikan pada tahun 2013, situs ini telah menjadi rujukan para pencari kerja dari berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Kalibrr sendiri sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar Tanah Air, seperti:

  • Bank BCA
  • Bank Mandiri
  • Gojek
  • Kompas Gramedia
  • Telkomsel
  • Tokopedia

Tidak hanya itu, Kalibrr juga bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dan organisasi pelajar Indonesia, dalam memberikan akses informasi lowongan pekerjaan.

Ada berbagai jenis pekerjaan dan jabatan yang ditawarkan di Kalibrr.

Mulai dari tingkat fresh graduate, junior, hingga senior, tersedia berbagai lowongan di situs ini.


9. TechInAsia Jobs

https://www.techinasia.com/jobs

Situs Lowongan Kerja TechInAsia Jobs 1024x480

Situs lowongan kerja lainnya yang direkomendasikan ialah TechInAsia Jobs.

TechInAsia Jobs merupakan salah satu situs lowongan kerja yang cukup populer di kawasan Asia Tenggara.

Bahkan, situs ini menduduki peringkat ke-5 dari 15 startup dengan pendanaan terbesar di Asia Tenggara.

Lowongan kerja di TechInAsia pun tidak hanya dari dalam negeri. Beberapa lowongan bahkan datang dari Singapura, Filipina, dan Malaysia.

Jadi, buat yang menginginkan bekerja kantoran di luar negeri, situs ini cocok untuk ditelusuri.

Berbagai jenis pekerjaan dan jabatan pun tersedia di TechInAsia.

Namun, utamanya banyak lowongan yang ditujukan untuk IT, marketing, customer service, data analytics, dan management.

Menariknya, di situs ini tersedia keterangan lokasi kerja, status karyawan, hingga rentang gaji yang ditawarkan.


10. KarirHub Kemnaker

https://karirhub.kemnaker.go.id/

Situs Lowongan Kerja KarirHub Kemnaker 1024x497

Situs lowongan kerja selanjutnya yang bisa membantu dalam pencarian kerja ialah Karirhub Kemnaker.

Situs ini disediakan oleh Kementerian Tenaga Kerja Indonesia, untuk menjembatani antara pencari lapangan kerja dan pencari tenaga kerja.

Fitur situs ini pun cukup lengkap.

Tersedia rincian untuk para pencari kerja seperti jenis pekerjaan yang dicari, lokasi pekerjaan, industri, tipe pekerjaan, hingga bidang keahlian.

Pada situs KarirHub Kemnaker, kategori lowongan yang dibuka lebih beragam. Tidak hanya perihal IT atau lowongan untuk industri digital.

Anda dapat menemukan lowongan, seperti:

  • Tenaga Produksi
  • Crew
  • Admin Gudang
  • Supervisor
  • Cleaning Service
  • Sales
  • SPV
  • Legal Survisor
  • Operator Produksi
  • Koordinator Sales
  • Drafter
  • dan lowongan lain yang cukup jarang ditemukan di situs sejenis.

Keuntungan bagi Jobseeker adalah dapat mengetahui gaji yang ditawarkan. Hal ini disebabkan aturan bagi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, diharuskan menyertakan gaji yang akan ditawarkan.

Jadi, buat para calon pelamar pekerjaan, bisa mengetahui berapa gaji yang diberikan dari lowongan yang tersedia.

Fitur-fitur yang tersedia di Karirhub Kemnaker terbilang cukup simpel namun sangat membantu bagi pencari kerja, maupun perusahaan.


11. Indeed

https://id.indeed.com/

Situs Lowongan Kerja Indeed 1024x500

Indeed menjadi salah satu situs lowongan kerja yang wajib dikunjungi para pencari kerja.

Selain menyediakan berbagai lowongan kerja yang update setiap hari, Indeed juga menyediakan akun penggunanya yang bisa untuk mengunggah Curriculum Vitae (CV).

Dengan demikian, Indeed tidak hanya berperan memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan.

Namun, situs ini juga bisa menjadi media untuk melamar pekerjaan secara langsung.

Keunggulan lainnya dari situs ini adalah adanya informasi mengenai Company Review, yang berisi segala informasi mengenai sebuah perusahaan.

Dengan adanya halaman ini, bisa meminimalisir penipuan pencari kerja dari sebuah perusahaan abal-abal.

Jika pengguna mengaktifkan berlangganan Email, Indeed juga akan memberikan informasi lowongan pekerjaan melalui email pengguna.

Cukup membantu bukan?


12. Situs Official

Selain melalui berbagai situs di atas, Anda juga dapat menemukan berbagai lowongan pekerjaan dengan mengunjungi situs-situs resmi dari perusahaan yang diinginkan.

Setelah membuka situs official tersebut, buka halaman karir, recruitment, atau lowongan. Kemudian, cermati posisi yang dibuka, tempat, serta kualifikasi yang dibutuhkan.

Berikut Rekomended.com berikan beberapa situs official untuk info lowongan kerja:


Nah, itulah penjelasan singkat dari beberapa rekomendasi situs lowongan kerja terbaik dan terpercaya di tahun 2021.

Kemudian kami juga memiliki beberapa rekomendasi aplikasi untuk membuat CV yang dapat Anda gunakan sebagai keperluan apply kerja nantinya.

Doa terbaik dari kami, semoga Anda segera mendapatkan profesi yang didambakan, aamiin. Semoga bermanfaat.

Penulis

Fathan Alfarizky

Mengisi waktu luang dengan menulis di beberapa topik, tekno dan home electronics.

Tinggalkan komentar