11 Manfaat Toner untuk Kulit dan Wajah yang Sehat + Cantik

Fathan Alfarizky

Toner menjadi salah satu skincare yang perlu digunakan di sela-sela produk kecantikan lainnya. Ada 11 manfaat toner yang penting bagi wajah. Selain sebagai pembersih terbaik, produk ini juga mampu menyingkirkan kotoran yang diakibatkan oleh debu atau make up. Penggunaan toner biasanya setelah sabun cuci muka dan sebelum moisturizer.

Ada dua jenis water refiner yang bisa digunakan. Pertama yaitu hydrating toner yang difungsikan untuk melembabkan kulit. Selanjutnya adalah exfoliating. Sesuai namanya, toner ini memiliki peran yang penting dalam memperlancar proses eksfoliasi. Namun dari keseluruhan, berikut ini manfaat yang diberikan oleh toner bagi wajah:

Daftar Manfaat Toner untuk Kulit & Wajah

1. Melembapkan Kulit

Sama seperti produk skincare yang lain, toner juga mempunyai kegunaan untuk membantu menjaga kelembaban kulit. Manfaat ini disebabkan karena fungsi humektan di dalamnya. Jadi, walaupun mempunyai jadwal padat dan sangat sibuk, wajah tidak akan mengalami kelelahan. Kulit terhindar dari kekeringan karena kandungan gliserin yang terdapat di toner.

Manfaat toner seperti ini merupakan satu keuntungan bagi para traveler dan wisatawan. Khususnya yang menggunakan pesawat terbang. Suhu yang ada didalamnya berpotensi besar mengakibatkan wajah menjadi kering. Dan menggunakan toner sebelum memoleskan make up menjadi solusi tepat dari masalah tersebut. Kulit akan lembab setiap saat di semua kondisi.


2. Menyeimbangkan Kadar pH Kulit

Manfaat toner kedua ini sudah diketahui dari lama. Bahwa kandungan yang terdapat di dalamnya mampu menjaga keseimbangan pH. Seperti yang sering dijelaskan, kulit yang sehat mempunyai pH antara 4,7 dan 5,75. Jika berada di angka tersebut, maka dapat dipastikan tidak akan mudah terserang berbagai masalah yang kerap muncul pada wajah.

Kadar pH kulit seseorang bisa berubah yang diakibatkan oleh penggunaan sabun cuci muka. Jadi, untuk mengembalikannya ke angka yang sesuai, setelahnya harus ditunjang dengan menggunakan toner. Sapukan produk skincare ini ke bagian wajah memakai kapas khusus kecantikan. Setelah itu, dapatkan sensasi dingin, segar, dan pastinya terhindar dari infeksi akibat bakteri.


3. Membantu Menutup Pori-Pori

Pori-pori yang besar menjadi salah satu jalan masuknya bakteri ke kulit. Jika sudah begitu, maka besar kemungkinan untuk terserang beragam permasalahan. Misalnya saja komedo, noda hitam, dan jerawat. Selain itu, juga akan timbul masalah lain, seperti kotoran lebih mudah menempel, produksi minyak yang melebihi kadar, dan kulit rawan mengalami iritasi ataupun alergi.

Untuk mengatasinya, aplikasikanlah toner ke wajah setelah menggunakan facial wash. Berbagai kotoran tersebut akan tersingkir dari wajah, sehingga akan mendapatkan hasil kulit yang segar, tenang, dan nyaman sepanjang hari. Paling utama, toner bisa membantu mengontrol kadar minyak dan sebum. Jangan khawatir lagi timbul kilap saat sedang beraktivitas di luar rumah.


4. Membuat Kulit Menjadi Segar

Salah satu manfaat toner yaitu menjadi pengganti yang baik dari cleanser. Ketika berhasil mengangkat semua kotoran yang menyumbat pori-pori, kulit akan menjadi lebih nyaman. Kandungan gliserin juga menjaganya dari kekeringan dan membuatnya tetap lembab. Walaupun memiliki aktivitas yang padat, kulit akan terasa segar serta tidak gerah sama sekali.

Rasa tidak nyaman yang diakibatkan oleh kadar minyak berlebih akan diatasi dengan menggunakan toner. Produk skincare ini sangat patut diaplikasikan ketika ingin bepergian. Karena kebanyakan dalam toner ada kandungan yang membantu proses revitalisasi bagi kulit wajah. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Usapkan secukupnya secara merata memakai kapas kecantikan.


5. Membersihkan Kulit dari Kotoran atau Detoksifikasi

Kegunaan dari toner yang selanjutnya ini tidak kalah penting. Kulit yang sering terpapar asap akibat pembakaran barang kimia akan mendapatkan masalah. Polusi bisa membuat kusam dan kering. Bahkan yang paling parah, terkena racun yang disebabkan oleh residu kimia. Untuk meminimalisir dampak buruk itu adalah dengan mengaplikasikan toner secara teratur.

Selain mengeluarkan racun, manfaat toner yang lain yaitu menghilangkan kotoran yang membandel pada kulit, yang mana kotoran tersebut menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab tumbuhnya jerawat. Jika digunakan secara rutin, toner juga mampu menghilangkan bekas dari jerawat. Bahkan dapat menyamarkan kerutan pada wajah, sehingga tetap terlihat segar dan cerah.


6. Memberi Kulit Nutrisi

Ingin mempunyai wajah sehat dan tampak segar setiap saat? Gunakanlah toner sebagai perawatan kulit setelah mengaplikasikan facial wash. Penggunaannya dapat dilakukan dua kali dalam satu hari, yakni saat pagi dan malam menjelang tidur. Semua kandungan yang ada di dalamnya memberikan efek terbaik bagi kulit wajah. Terutama vitamin dan bahan-bahan alaminya.

Vitamin tersebut yang akan memberikan nutrisi pada kulit dengan baik. Bukan hanya terbebas dari sebum berlebih, tapi juga segar setiap saat. Wajah tidak akan mudah terkena jerawat yang membuat tidak tampil percaya diri. Selain itu, pemberian nutrisi yang cukup juga berguna bagi kesehatan kulit di masa yang akan datang.


7. Mengurangi Munculnya Jerawat

Kulit memang bertugas untuk memproduksi minyak secara alami supaya tidak mengalami dehidrasi. Tapi jika angkanya melebihi kadar yang biasanya, maka bisa menimbulkan masalah yang baru. Salah satunya yaitu jerawat. Dengan manfaat toner yang diberikan pada wajah, permasalahan tersebut akan segera teratasi. Yang paling penting digunakan secara rutin.

Ketika toner dipakai pagi dan malam, wajah akan terasa lebih nyaman dan tidak lengket. Make up juga meresap dengan baik. Kotoran dan minyak yang menyumbat jalan keluar dari pori-pori akan segera terangkat. Sehingga tidak perlu khawatir lagi akan timbulnya bakteri yang sering menyebabkan jerawat. Hal ini dikarenakan terdapat hyaluronic acid.


8. Mengontrol Minyak Berlebih pada Wajah

Sudah disebutkan berulang kali bahwa manfaat toner yang paling besar pada kulit yaitu sebagai pengontrol produksi minyak. Kilap yang timbul tentu membuat tidak nyaman dan kurang bisa tampil percaya diri. Oleh karena itu, sebelum beraktivitas dan keluar dari rumah, gunakan toner terlebih dahulu ketika hendak membubuhkan make up ke wajah.

Ketika beraktivitas di luar tentu produksi keringat akan meningkat. Jika itu bercampur minyak bisa menimbulkan kesan tidak nyaman dan gerah. Selain itu, hal ini juga dapat mengundang kotoran dan bakteri yang mengakibatkan pori-pori menjadi tersumbat. Tapi dengan menggunakan toner secara rutin, kadar minyak yang melebihi batas akan terkontrol secara baik.


9. Mencegah Kulit Kering atau Menghidrasi Kulit

Pemakaian sabun cuci muka atau facial wash dapat menghilangkan kandungan minyak alami pada wajah. Jika kulit mengalami dehidrasi, pasti merasa kering dan gatal di sekitarnya. Pada saat inilah, toner akan bekerja dengan sangat baik dalam melembabkan kulit dan yang paling penting yaitu membantu proses hidrasi akan tetap berjalan dengan semestinya.

Proses hidrasi yang sesuai memberikan manfaat besar bagi kulit. Bukan hanya melembabkan ketika sibuk terpapar sinar matahari, tapi juga meminimalisir timbulnya tanda-tanda penuaan. Kerutan tidak akan muncul dan terasa segar sepanjang hari. Toner ini juga menjadi dasar yang paling efektif sebelum menggunakan make up ke wajah.


10. Menyamarkan Bekas Jerawat

Jika sebelumnya manfaat toner adalah mengurangi jerawat muncul, di sini tugas berikutnya yaitu menyamarkan bekas yang ditimbulkan. Hal ini dikarenakan toner menjadi salah satu produk kecantikan yang memiliki tugas sebagai detoksifikasi. Semua kotoran yang menutupi pori-pori akan terangkat. Begitu pun noda hitam akibat jerawat.

Bukan hanya sementara, efek seperti ini akan bertahan sampai jangka waktu yang panjang jika diaplikasikan secara rutin. Yaitu saat pagi setelah penggunaan facial wash dan malam sebelum hendak tidur. Pori-pori yang sudah tertutup tidak akan menjadi tempat tumbuhnya bakteri lagi. Bukan hanya menghilangkan bekasnya, tapi jerawat tidak akan muncul kembali.


11. Menambah Lapisan Pelindung Kulit

Bukankah hal yang menyenangkan jika kulit memperoleh perlindungan mumpuni? Hal itu merupakan salah satu manfaat toner yang akan diberikan. Ketika diaplikasikan dengan benar dan sesuai anjuran, toner mampu meningkatkan lapisan pelindung tersebut. Dengan begitu wajah akan terhindar dari berbagai masalah yang menyerang, misalnya jerawat, komedo, dan kotoran.

Kabar baik lainnya yaitu, toner memiliki fungsi melindungi dan menyingkirkan klorin serta mineral. Yang mana itu sering ditemukan di dalam air ledeng. Manfaat besar tersebut membuat wajah terlindungi dari semua kontaminan yang berasal dari lingkungan. Kulit akan mendapatkan perlindungan terbaik dan lapisannya lebih diperkuat lagi.

Penutup

Itulah 11 manfaat toner yang sangat diperlukan bagi kulit. Jika biasanya dikenal sebagai salah satu produk kecantikan untuk membersihkan bekas make up, ternyata ada manfaat lain yang lebih besar. Tapi keuntungan tersebut bisa didapatkan apabila memilih produk yang sesuai dengan kondisi. Selain itu, mengaplikasikan secara rutin menurut urutan penggunaan skincare.

Fathan Alfarizky - Rekomended

Penulis

Fathan Alfarizky

Mengisi waktu luang dengan menulis di beberapa topik, tekno dan home electronics.

Tinggalkan komentar