11 Manfaat Sunscreen untuk Kulit dan Wajah yang Sehat dari UV

Fathan Alfarizky

Kesadaran dalam menggunakan sunscreen terbilang masih rendah di Indonesia. Bahkan banyak wanita yang mengabaikan penggunaan sunscreen. Karena menganggap perlindungan SPF dari pelembab saja sudah cukup. Padahal ada banyak sekali manfaat sunscreen yang jika diabaikan bisa berakibat fatal pada kesehatan kulit.

Perlindungan kulit tidak boleh hanya mengandalkan pelembab yang mengandung SPF saja. Karena itu saja belum cukup untuk melindungi kulit. Kulit membutuhkan produk yang benar-benar diformulasikan untuk melindungi dari efek sinar matahari.

Sunscreen tidak hanya digunakan saat di luar saja, bahkan saat di dalam ruangan kulit juga memerlukan perlindungan sunscreen. Berikut ini adalah pembahasan 11 manfaat dari sunscreen yang harus dipahami.

Daftar Manfaat Sunscreen untuk Kulit

1. Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar UV

Sinar matahari ternyata tidak hanya sekedar sinar yang panas saja namun juga mengandung sinar ultraviolet. Pada sinar matahari sendiri terdapat sinar UVA dan UVB yang jika kulit terpapar terlalu lama dan terlalu sering oleh sinar ini tanpa perlindungan. Maka dapat mengakibatkan efek yang tidak baik bagi kulit.

Kerusakan yang bisa terlihat mulai dari kulit kemerahan karena panas, kulit terbakar, warna kulit menjadi tidak rata. Paparan ini juga bisa mempercepat proses penuaan pada kulit bahkan bisa berpotensi untuk memicu sel kanker pada kulit. Karena itu perlu sekali untuk menggunakan sunscreen yang dapat memberikan kulit perlindungan dari sinar UVA dan UVB yang dikandung pada sinar matahari.


2. Mencegah Penuaan Dini

Seperti yang dikatakan sebelumnya, terpapar sinar matahari terlalu lama dan terlalu sering bisa mengakibatkan proses penuaan pada kulit bertambah cepat. Hal ini karena paparan dari sinar matahari dan kandungannya bisa merusak kandungan kolagen pada kulit wajah.

Jika kulit wajah kehilangan kolagen dengan cepat apalagi diakibatkan oleh sinar matahari. Maka hal ini akan mempercepat pembentukan kerutan-kerutan di wajah. Selain tanda penuaan dini seperti kerutan, efek dari sinar matahari ini juga bisa berupa flek hitam. Kemudian keriput pada kulit, sampai kekencangan kulit yang berkurang secara drastis.

Manfaat sunscreen adalah untuk memberi perlindungan pada kolagen yang dikandung oleh kulit. Sunscreen akan menciptakan pelindung di atas kulit sehingga bagian dalamnya akan terlindung dari sengatan sinar matahari.


3. Mencegah Kanker Kulit

Sempat dituliskan sedikit sebelumnya, paparan sinar matahari juga berperan dalam meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Kulit yang terpapar sinar matahari terutama radiasi dari sinar UVBnya akan mengalami yang namanya sunburn. Kulit akan menjadi kemerahan terasa panas, bahkan sampai gatal.

Sunburn ini menjadi tanda jika ada DNA yang rusak pada sel kulit. Jika kerusakan ini terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Lama kelaman sel tersebut akan menjadi sel kanker. Manfaat sunscreen pada kasus ini adalah mencegah kerusakan sel pada kulit tersebut.

Sunscreen mencegah pengaruh buruk tersebut dengan membuat lapisan pelindung tidak hanya dari sengatan panas. Namun juga dari radiasi sinar UVB yang bisa merusak DNA kulit. Karena itu menggunakan sunscreen setiap hari juga bisa menurunkan resiko terkena kanker kulit ini.


4. Meratakan Warna Kulit

Terlalu lama di bawah paparan sinar matahari tanpa perlindungan apapun bisa membuat kulit menjadi belang. Akibatnya warna kulit menjadi tidak rata, bagian yang terbuka dan terkena sinar matahari langsung menjadi gelap. Apalagi jika bagian itu dibandingkan kulit tubuh yang tertutup kain atau bagian baju.

Namun kulit tidak akan menjadi belang jika sebelumnya kulit dilapisi dengan sunscreen. Sunscreen akan menjaga agar warna kulit tetap rata. Karena pada bagian kulit yang terbuka sudah dilindungi oleh sunscreen sehingga warnanya tidak akan menggelap akibat sinar matahari.

Selain untuk pencegahan, manfaat sunscreen juga untuk memulihkan. Menggunakan sunscreen secara rutin di bagian kulit yang gelap sembari melakukan perawatan lainnya. Dapat memulihkan warna kulit yang menggelap sehingga warnanya akan lebih rata dengan bagian kulit yang tertutup.


5. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat sunscreen satu ini bisa dibilang merupakan manfaat utamanya yaitu menjaga kesehatan kulit. Sunscreen memang bagian dari step skincare namun tujuan penggunaannya tidak hanya sekedar untuk meningkatkan penampilan kulit saja. Namun ada alasan medis yang spesifik dibaliknya.

Menggunakan sunscreen setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Sunscreen menghindarkan kulit dari interaksi langsung terhadap sinar UVA dan UVB . Kulit yang tidak terpapar oleh sinar matahari dan kandungannya yang berbahaya secara berlebihan. Tentu saja, kulit tidak hanya bisa tampak lebih cantik namun juga lebih terjaga kesehatannya.

Sunscreen wajib digunakan pada akhir rutinitas skincare pada pagi hari. Bahkan untuk orang yang tidak terlalu memperhatikan skincare juga diharapkan tetap memakai sunscreenSunscreen wajib dipakai walaupun aktivitas hanya di dalam ruangan. Karena ternyata sinar UVA dan UVB bisa menembus melalui jendela, atap, bahkan kaca pada ruangan.


6. Membantu Mencerahkan Kulit

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, manfaat sunscreen tidak hanya sekedar melindungi sebelum penggelapan kulit terjadi. Namun juga dapat membantu untuk mencerahkan kulit yang terlanjur gelap karena paparan sinar matahari. Dengan fungsinya yang melindungi, perawatan mencerahkan yang dilakukan sebelumnya jadi tidak sia-sia.

Selain itu sudah banyak juga lotion sunscreen atau bentuk produk sunscreen lainnya yang dilengkapi dengan berbagai fungsi. Jadi tidak hanya fokus pada fungsi untuk melindungi kulit saja, beberapa produk sunscreen bahkan memiliki manfaat mencerahkan untuk kulit.

Sunscreen secara signifikan akan membantu agar tampilan kulit semakin cerah dan semakin rata dengan kulit pada bagian yang biasanya tertutup.


7. Mengurangi Timbulnya Komedo

Bagi yang menderita komedo terutama di bagian hidung maupun bagian lainnya pada wajah. Mungkin saja penyebabnya adalah karena jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan sunscreen. Karena memang salah satu manfaat sunscreen adalah dapat mengurangi timbulnya komedo.

Karena salah satu penyebab munculnya komedo adalah karena sinar matahari yang berinteraksi secara langsung dengan kulit. Memberi perlindungan pada kulit terhadap paparan tersebut secara otomatis. Membuat sebab timbulnya komedo itu berkurang dan akhirnya komedo akan semakin jarang muncul di wajah.


8. Mencegah Kulit Terbakar atau Sunburn

Sunburn atau gejala kulit terbakar terjadi karena kulit terlalu lama terkena sinar matahari tanpa lapisan perlindungan. Sunburn terjadi karena ada pengrusakan DNA pada bagian kulit oleh sinar matahari dan radiasinya. Solusi untuk menghindari kulit terbakar tentunya adalah dengan mencegah kulit berinteraksi atau terkena radiasi langsung dari sinar matahari.

Karena itu sangat diperlukan sunscreen untuk menciptakan batas perlindungan antara kulit dan sinar matahari beserta kandungannya. Pada daerah yang beriklim panas orang sangat rawan terkena sunscreen. Penggunaan sunscreen menjadi sangat penting dan lebih wajib ada saat-saat seperti itu. Karena sunburn menjadi lebih sering terjadi.


9. Melancarkan Aliran Darah

Pasti banyak yang tidak menduga, bahwa manfaat sunscreen secara tidak langsung berhubungan dengan aliran darah penggunanya. Menggunakan sunscreen kabarnya juga dapat melancarkan aliran darah pada daerah kulit yang dilapisi oleh sunscreen. Hal ini karena sunscreen bisa melindungi kulit dari paparan radiasi UV.

Radiasi dari sinar UV pada matahari bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Hal ini  untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan suhu lingkungan yang panas. Menggunakan sunscreen bisa mencegah penyempitan pembuluh darah tersebut. Untuk menyeimbangkan suhu tubuh, aliran darah akan fokus pada kelancaran dan kecepatan alirannya ke seluruh tubuh.


10. Mencegah Pengenduran Kulit

Manfaat sunscreen selanjutnya adalah mencegah terjadinya pengenduran kulit yang merupakan salah satu tanda penuaan. Radiasi UV bisa merusak berbagai kandungan yang ada di atas kulit yang paling parah adalah pengrusakan terhadap kolagen.

Padahal kolagen merupakan inti dari kekencangan dan kesehatan kulit terutama pada bagian wajah. Jika bagian ini dirusak oleh radiasi sinar UV tentu saja kulit akan berkurang elastisitasnya dan mengalami pengenduran.

Berbeda kasusnya jika menggunakan sunscreen, karena sunscreen akan melindungi komponen kolagen ini dari interaksi langsung dari sinar matahari. Hal ini membuat kandungan kolagen tetap terjaga dan kulit bisa kencang untuk waktu yang lebih lama.


11. Membantu Mengurangi Kemerahan Akibat Jerawat

Gejala kemerahan biasanya terjadi mengikuti masalah jerawat yang tumbuh di kulit. Tipikal kerusakan pada wajah kemerahan sebenarnya sangat mirip dengan sunburn. Hanya penyebabnya saja yang berbeda. Karena itu menggunakan sunscreen bisa membuat kemerahan akibat jerawat ini semakin membaik.

Kulit yang sedang mengalami gejala kemerahan akibat jerawat biasanya lebih rentan apalagi jika terkena sinar matahari. Menggunakan sunscreen ini bisa melindungi bagian tersebut sehingga proses penyembuhannya bisa berjalan lebih cepat.

Penutup

Itulah 11 manfaat sunscreen yang tidak boleh diremehkan. Karena sekarang sudah diketahui manfaat dan pentingnya untuk menggunakan sunscreen secara rutin. Maka mulai dari sekarang jangan sampai untuk melewatkan jadwal untuk memakai sunscreen. Terutama pada pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Fathan Alfarizky - Rekomended

Penulis

Fathan Alfarizky

Mengisi waktu luang dengan menulis di beberapa topik, tekno dan home electronics.

Tinggalkan komentar