11 Manfaat Skincare untuk Kulit dan Wajah yang Sehat + Cantik

Fathan Alfarizky

Walaupun kesadaran untuk menggunakan skincare sudah mulai meningkat. Namun tetap ada orang yang malas untuk menggunakan skincare. Ada beragam alasan mengapa seseorang enggan menggunakan skincare. Kemungkinan karena masih ada yang belum mengerti manfaat skincare yang digunakan sehari-hari tersebut.

Kebanyakan orang memang memiliki tujuan tertentu dalam menggunakan skincare. Kebanyakan di Indonesia adalah membuat kulit lebih cerah dan lebih bersih. Namun ternyata tujuan penggunaan skincare tidak hanya sekedar itu.

Ada tujuan jangka panjang bagi kulit yang sangat berpengaruh pada kesehatan dan penampilan di masa depan. Karena itu untuk memperjelasnya berikut ini adalah 11 manfaat dari skincare yang wajib untuk dipahami.

Daftar Manfaat Skincare untuk Kulit

1. Menjaga Kesehatan Kulit dengan Memberi Nutrisi

Sebenarnya manfaat skincare yang utama adalah pemberian nutrisi pada kulit sehingga kulit terjaga kesehatannya. Tidak hanya tubuh bagian dalam saja yang memerlukan nutrisi, kulit juga harus dinutrisi dari luar. Terutama pada sisi kelembabannya harus dijaga, kebersihannya, kemudian perlindungan dari polusi dan efek buruk yang ada lingkungan.

Apalagi bagi yang suka berada di ruang terbuka dalam waktu lama. Kulit bisa kehilangan nutrisinya karena berbagai faktor. Seperti sengatan sinar matahari, polusi udara, debu dan sebagainya. Skincare berfungsi untuk mengembalikan nutrisi yang hilang tersebut.

Dampak dari nutrisi yang hilang dari kulit tidak terlihat secara langsung dan signifikan, namun secara perlahan ditambah dengan faktor usia. Keadaan kulit mungkin bisa menjadi tidak tertolong pada waktu yang akan datang. Oleh karena itu menggunakan skincare bisa mencegah hal tersebut terjadi.


2. Mencegah Penuaan Dini

Proses penuaan tampaknya memang tidak bisa dihindari namun bisa diperlambat dengan kondisi kulit yang sehat. Jika kulit secara rutin dirawat kesehatannya maka kesehatannya akan terjaga. Pada kulit yang sehat proses penuaan dapat melambat, hal ini karena unsur di dalam kulit dirawat dengan baik.

Pada kulit yang terjaga kesehatan dan kondisinya tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan keriput. Tidak akan terlihat sekalipun pengguna sudah mencapai umur di atas 30 tahun.

Hal tersebut bisa terjadi karena skincare yang selama ini digunakan akan mempertahankan kekencangan dan elastisitas kulit. Selain itu menjaga kandungan kolagen merupakan kunci dari kulit kencang dan muda pada kulit.


3. Menyamarkan Noda Hitam

Noda hitam adalah masalah yang bisa muncul pada kulit baik pada tua maupun muda. Sebabnya pun beragam, bisa karena proses penuaan, sinar matahari, maupun bekas dari jerawat. Noda hitam sering kali mengganggu penampilan kulit dan membuat pemiliknya jengkel sendiri.

Menggunakan skincare bisa menyamarkan noda hitam ini secara perlahan. Hal ini karena skincare akan terus memperbarui kondisi kulit dan mengembalikan nutrisi pada kulit. Jadi bagian noda hitam yang merupakan sel kulit yang sudah rusak secara bertahap akan diganti dan dibersihkan. Hal ini membuat bagian noda hitam pada kulit semakin samar.

Bahkan dengan perawatan yang rutin dan tepat noda hitam bisa hilang sepenuhnya dari kulit. Apalagi jika noda hitamnya disebabkan oleh bekas jerawat. Sangat mungkin untuk menghilang sepenuhnya dari kulit.


4. Membuat Kulit Menjadi Lebih Kenyal

Kulit yang memiliki tekstur kenyal dan lembut merupakan tanda dari kulit sehat. Hal ini karena terjaganya kandungan kolagen, kadar air, dan unsur penting lainnya di dalam kulit. Unsur-unsur itu bisa rusak karena paparan efek buruk lingkungan dan kurangnya perlindungan pada kulit. Jika unsur tersebut rusak dan tidak dikembalikan ke keadaan semula.

Kulit akan menjadi kering, berkerut, bernoda hitam, dan menunjukan tanda kerusakan lainnya. Salah satu manfaat skincare adalah membuat kulit menjadi lebih kenyal. Hal ini karena skincare yang selama ini digunakan dapat mempertahankan kolagen yang merupakan unsur yang mempengaruhi tekstur kulit.

Selain itu memiliki kulit yang kenyal dan lembut pasti jauh lebih menyenangkan dan terlihat menyegarkan. Jika dibandingkan memiliki kulit yang berkerut dan kering.


5. Mencerahkan Kulit

Jika bagian dalam dan permukaan kulit sehat dan terjaga otomatis kulit akan terlihat lebih cerah. Apalagi banyak juga kandungan dalam skincare yang  bermanfaat mencerahkan, seperti niacinamide, vitamin C, dan unsur whitening lainnya. Wajah cerah memang idaman banyak orang apalagi para wanita.

Wajah kehilangan kecerahannya sebab utamanya adalah kurangnya hidrasi atau kelembaban yang ada di bawah kulit. Hal ini akan menurunkan ketebalan kulit yang membuat kulit terlihat lebih kusam. Karena itu jika ingin mencerahkan kulit sangat perlu skincare dengan fungsi menghidrasi.

Kelembaban adalah kunci dari kesehatan dan tampilan kulit yang bagus. Kelembaban yang berlebihan atau terlalu kurang juga tidak baik. Kuncinya adalah keadaan lembab yang seimbang baik di bagian dalam sampai luar kulit.


6. Mencegah dan Mengatasi Timbulnya Jerawat

Jerawat tidak hanya menjadi masalah bagi penampilan tapi juga bagi kesehatan kulit. Jerawat bisa dikatakan radang pada kulit dan jika dibiarkan tanpa perawatan khusus. Tentu saja, dapat merusak jaringan terutama pada permukaan kulit.

Salah satu manfaat skincare adalah dapat mencegah dan merawat kerusakan yang diakibatkan jerawat. Sudah banyak produk skincare yang dirilis oleh berbagai brand dengan spesialisasi untuk mengatasi jerawat. Pengguna tinggal memilih produk yang tepat dan efektif saja untuk kulitnya.

Merawat jerawat bukan hanya soal penampilan kulit itu sendiri namun juga kesehatan kulit. Jika dibiarkan jerawat yang sangat parah akan memberikan rasa sakit pada penderitanya. Juga tidak baik untuk keadaan kulit di masa mendatang.


7. Melembutkan dan Melembabkan Kulit

Seperti yang dituliskan sebelumnya, jika tingkat kelembaban merupakan unsur yang penting bagi kulit yang sehat. Manfaat skincare bisa membantu penggunanya dalam mengembalikan, menyeimbangkan, dan mempertahankan kelembaban pada kulit tersebut. Kelembaban kulit akan memberikan banyak efek positif.

Selain terlihat lebih cerah dan bebas kusam. Kulit yang lembab juga membuat tekstur kulit lebih lembut dan lebih halus. Hal ini memang secara otomatis menunjang penampilan kulit dari luar. Namun tidak hanya itu, lembut dan lembab adalah tanda bahwa kesehatan kulit terjaga dengan baik.


8. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

Garis halus dan kerutan adalah tanda penuaan yang paling awal muncul pada kulit terutama pada area wajah. Adanya garis halus dan kerutan tidak hanya akan mengurangi penampilan kulit saja. Garis halus dan kerutan merupakan tanda jika kulit semakin melemah. Terutama kandungan kolagen yang ada di dalamnya.

Namun tampilan garis halus dan kerutan bisa dikurangi dengan pemakaian skincare yang tepat dan rutin. Manfaat skincare adalah mengembalikan nutrisi pada kulit termasuk mengembalikan kolagen dan menjaga kondisinya. Jika kolagen dan kelembaban pada kulit terjaga makan garis halus dan kerutan akan secara bertahap berkurang.


9. Melindungi Kulit dari Kerusakan dan Sinar UV

Sinar UVA serta Sinar UVB adalah musuh terbesar dari kulit manusia. Jika terpapar secara terus menerus tanpa perlindungan. Kandungan sinar matahari ini bisa merusak kulit dalam jangka panjang. Bahkan meningkatkan resiko terkenanya kanker kulit.

Untuk mencegahnya para pengguna wajib menggunakan sunscreen setiap hari. Produk sunscreen yang ada dalam rangkaian skincare akan membentuk tameng perlindungan. Hal ini membuat kulit tidak terpapar langsung oleh sinar matahari. Menghindarkan unsur dalam kulit dirusak oleh sinar matahari.

Bahkan walaupun seseorang tidak beraktivitas di luar ruangan harus tetap menggunakan sunscreen. Karena di dalam ruangan pun sinar matahari masih bisa menembus. Kulit juga masih bisa terpapar efek buruk dari sinar UV.


10. Menyempurnakan Hasil Make up dan Melindungi Kulit

Untuk yang suka menggunakan make up atau harus menggunakan make up saat beraktivitas. Sangat wajib hukumnya untuk merawat kulit dengan manfaat skincare. Kulit yang sehat, halus, dan bertekstur rata akan membuat tampilan hasil make up semakin sempurna. Walaupun make up yang sederhana akan terlihat perfect jika dioles pada kulit yang sehat.

Membiarkan kulit terpapar kandungan kimia dari make up terus menerus sangatlah tidak baik bagi kondisi kulit. Hal ini harus diimbangi dengan perawatan dan pemberian nutrisi kembali dengan produk skincare. Sekaligus mengembalikan nutrisi yang hilang karena kegiatan merias dan make up.


11. Membersihkan Sel Kulit Mati

Sel kulit dapat mati kemudian akan ada regenerasi dengan sel kulit yang ada dibawahnya pada jangka waktu tertentu. Walaupun tubuh memiliki sistem yang alami untuk menggantikan sel yang lama dan yang baru. Tidak jarang, ada sel kulit mati yang masih tertinggal di permukaan kulit.

Hal ini bisa menyebabkan masalah mulai dari kulit kusam, komedo, hingga jerawat. Proses skincare terutama tahap exfoliating akan membantu untuk membersihkan sel kulit mati. Ada banyak manfaat skincare yang bisa didapatkan dari pembersihan sel kulit mati.

Penutup

Mulai dari wajah lebih cerah, produk skincare lain lebih menyerap, juga kulit akan terlihat lebih sehat karena sel kulit yang baru tampil di permukaan.Itulah 11 manfaat skincare yang ternyata tidak hanya sekedar untuk menunjang penampilan saja. Skincare juga sangat penting untuk kesehatan kulit. Pada masa sekarang maupun masa depan kulit nantinya.

Fathan Alfarizky - Rekomended

Penulis

Fathan Alfarizky

Mengisi waktu luang dengan menulis di beberapa topik, tekno dan home electronics.

Tinggalkan komentar