11 Manfaat Moisturizer untuk Kulit dan Wajah yang Sehat

Fathan Alfarizky

Moisturizer merupakan salah satu tahap dalam skincare setelah mencuci muka yang tidak boleh ditinggalkan atau dilupakan. Beberapa orang mungkin saja menganggap sepele penggunaan moisturizer karena dianggap tidak berguna. Akan tetapi, hal itu salah besar sebab ada berbagai macam manfaat moisturizer yang dibutuhkan oleh kulit wajah setiap hari.

Bagi pengguna yang sering melewatkan tahap skincare pada moisturizer mungkin tidak akan melakukannya lagi setelah mengetahui manfaatnya. Produk moisturizer atau pelembab ini juga banyak jenisnya dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan maupun tipe kulit yang dimiliki. Berikut adalah beberapa manfaat moisturizer yang sangat berguna bagi kulit, antara lain:

Daftar Manfaat Moisturizer untuk Kulit

1. Membuat Kulit Bernutrisi

Memang tidak dapat dipungkiri manfaat skin care bagi wajah sangat berguna untuk kesehatan serta menjaga kondisi kulit tetap prima. Ditambah penggunaan produk dalam skin care, salah satunya adalah moisturizer akan memberikan ekstra nutrisi. Pasalnya pada setiap produk moisturizer akan mengandung berbagai vitamin serta bahan alami.

Komposisi dalam moisturizer akan membantu untuk memenuhi kebutuhan kulit yang tidak hanya berasal dari makanan saja. Ketika kebutuhan kulit terpenuhi dari asupan yang dilakukan maka akan menjadikan kulit lebih glowing. Hal ini juga menjadi suatu pertanda bahwa kulit sehat dan memiliki banyak nutrisi yang berasal dari manfaat moisturizer yang digunakan.


2. Meratakan Warna Kulit

Nah untuk manfaat moisturizer satu ini yaitu meratakan warna kulit akan diperoleh ketika digunakan secara rutin. Selain membuat wajah terlihat lebih sehat, penggunaan moisturizer setiap hari akan memberikan kecerahan kulit. Bagi pemilik warna kulit yang berbeda pada bagian wajah dan leher akan dibantu dengan penggunaan moisturizer.

Tidak hanya itu, kulit yang memiliki bekas jerawat yang kemerahan atau bahkan menghitam juga akan pudar dibantu moisturizer. Sebab moisturizer dapat membantu kinerja skin care lain melalui mempersiapkan kondisi kulit menerima tahap selanjutnya. Ditambah moisturizer juga dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan mengunci manfaat skin care lainnya.


3. Membuat Kulit Tetap Kenyal

Ketika usia anak hingga remaja, kulit memang mampu memproduksi kolagen sendiri sehingga dapat memberikan rasa kenyal pada kulit. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia dan kegiatan yang semakin aktif muncul berbagai masalah kulit. Salah satunya produksi kolagen yang semakin menurun dan tidak mampu mengimbangi produktivitas kegiatan harian.

Melalui manfaat moisturizer dapat diperoleh kulit tetap sehat sekaligus juga kenyal serta mengencangkan kulit. Selain itu, ancaman penuaan dini seperti garis dan kerutan yang dapat membekas pada usia dewasa juga dapat dikurangi melalui moisturizer. Hal ini dapat diperoleh sebab moisturizer dapat menjaga kelembaban dan dinding wajah akan lebih terjaga kekuatannya. 


4. Melembutkan dan Melembabkan Kulit

Sesuai dengan namanya, manfaat moisturizer dapat membantu melembutkan dan melembabkan kulit wajah menjadi lebih halus. Bagian kulit wajah memiliki lapisan yang lebih tipis karena dinding atau skin barrier yang dimiliki juga lebih tipis. Hal ini biasa terjadi karena disebabkan oleh faktor usia atau paparan sinar matahari dan AC yang berlebihan.

Nah efeknya apabila skin barrier tidak dijaga maka akan menimbulkan pembuluh darah lebih terlihat dan semakin menyempit. Dampak pembuluh darah yang semakin sempit akan menimbulkan kondisi kulit yang lebih kering dan cepat keriput. Oleh karena itu, penggunaan moisturizer lebih dianjurkan dibanding mengatasi efek ketika tidak menggunakannya. 


5. Mengontrol Minyak Berlebih Pada Kulit

Masih berprasangka bahwa moisturizer akan menyebabkan minyak berlebih pada kulit? Hal tersebut ternyata adalah pendapat yang salah besar. Kehadiran dan manfaat moisturizer pada kulit wajah bukan bertujuan untuk memancing produksi minyak lebih banyak. Justru kebalikannya, moisturizer berfungsi untuk mengontrol keberadaan minyak wajah yang memiliki kelebihan atau kekurangan produksi.

Tidak hanya itu, sebenarnya moisturizer dapat membantu menyelesaikan masalah sesuai kebutuhan tipe kulit mulai normal hingga kombinasi. Misalnya pada kulit berminyak, moisturizer akan membantu untuk mereduksi dan menahan produksi minyak berlebihan. Sebaliknya pada kulit wajah kering dan normal, moisturizer akan membantu untuk menyesuaikan dan menyeimbangkan kebutuhan kulit wajah akan produksi minyak.


6. Mencegah Timbulnya Jerawat

Masalah kulit satu ini memang tidak bisa dihindari keberadaanya karena memiliki cukup banyak penyebab dari dalam maupun luar. Jerawat dapat timbul disebabkan oleh hormon dan juga asupan makanan yang kurang terjaga. Tidak hanya itu, jerawat juga dapat muncul yang disebabkan karena kondisi kulit yang terlalu kering atau terlalu berminyak.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa manfaat moisturizer adalah sebagai pengatur produksi minyak pada kulit wajah. Penggunaan moisturizer akan sangat membantu kulit dari ancaman jerawat karena dapat mengurangi atau bahkan melindungi kulit dari produksi minyak. Oleh karena itu, keberadaan jerawat juga dapat dicegah dengan menggunakan moisturizer karena kondisi kulit yang sehat. 


7. Membuat Kulit Terhidrasi

Sebenarnya manfaat moisturizer satu ini memang sudah diketahui secara umum yaitu membuat kulit lebih terhidrasi. Terlebih lagi ketika penggunaannya dilakukan saat malam hari dan kondisi kulit dibawa tidur. Hal ini juga tidak berbeda jauh bahwa penggunaan moisturizer juga harus digunakan siang hari karena tubuh memiliki aktivitas yang lebih berat.

Hidrasi kulit apabila tidak dipenuhi akan menimbulkan berbagai masalah umum yang muncul seperti jerawat atau kulit yang kering. Kandungan moisturizer yang cocok untuk menambah hidrasi kulit akan sangat membantu setelah mencuci muka. Pasalnya, ketika mencuci muka banyak kandungan dan membuat tingkat hidrasi kulit yang semakin berkurang.


8. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Penghalang sinar UV memang identik dengan produk sunscreen, namun moisturizer ternyata juga dapat melindungi kulit dari efek negatif matahari. Manfaat moisturizer dapat mendukung sunscreen dapat menyerap lebih dalam pada lapisan kulit. Selain itu, beberapa produk moisturizer juga memiliki protect sinar UV yang cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Selain itu, komposisi dan bahan aktif yang ada pada moisturizer dapat mendukung upaya untuk menangkal sinar UV. Pelembab atau moisturizer dapat digunakan sebagai perlindungan ekstra bagi wajah karena memiliki dinding kulit yang lebih tipis. Setidaknya tanpa sunscreen, moisturizer akan dapat membantu setidaknya untuk menghambat efek langsung paparan sinar matahari.


9. Membuat Kulit Tampak Cerah dan Awet Muda

Semakin berkembangnya inovasi produk moisturizer juga turut mempengaruhi berbagai manfaatnya yang semakin ditingkatkan. Contohnya seperti anti aging atau pencegah penuaan dini yang banyak moisturizer yang menghadirkannya. Tidak hanya berfungsi sebagai pelembab, banyak produk yang kini beredar moisturizer juga dapat membuat kulit lebih berkilau dan cerah.

Hal ini diperoleh karena moisturizer dapat memberikan refleksi atau pantulan cahaya matahari dan mencerahkan kulit. Tidak hanya itu saja, moisturizer juga berguna untuk mempersiapkan kulit menyerap produk pencerah kulit. Kemudian setelah kulit siap, moisturizer akan membantu produk untuk lebih masuk ke dalam dinding dan lapisan kulit. 


10. Dapat Menyamarkan Noda Hitam

Kehadiran noda hitam memang menjadi masalah kulit yang seringkali membuat jengkel, sebab membuat kulit tampak tidak rata. Selain itu, noda hitam juga sulit dihilangkan karena menyangkut bagian dalam lapisan dan pigmen kulit. Akan tetapi, moisturizer dapat membantu noda hitam pulih dan berangsur membaik karena kebutuhan kulit terpenuhi.

Tidak hanya itu, penggunaan moisturizer juga mampu membantu untuk mengurangi warna noda atau flek hitam yang mengganggu. Pasalnya fungsi moisturizer akan membantu mendukung kinerja skin care lainnya agar dapat bekerja. Ditambah kondisi yang sehat dari kulit akan mempercepat proses pengurangan warna flek atau noda hitam pada wajah. 


11. Membuat Kulit Menjadi Tenang

Pertanda kulit yang tenang adalah tidak munculnya masalah yang akan membuat kulit terlihat buruk seperti noda hitam, jerawat, dan kusam. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan tenang, tentu saja tidak dapat diperoleh dengan cara instan tanpa usaha. Untuk mendapatkan kulit tenang diperoleh melalui manfaat moisturizer yang tidak boleh dilewatkan.

Penggunaan moisturizer memang lebih cocok untuk digunakan setiap hari, setidaknya dua kali sehari yang akan membantu memberikan ketenangan pada kulit. Selain itu, beberapa moisturizer biasanya memberikan aroma kesegaran yang akan membantu menenangkan kulit dan penggunanya. Berbeda dengan wangi parfum, kulit akan terbantu menjadi lebih tenang apabila perasaan penggunanya juga tenang.

Setelah mengetahui berbagai fungsi moisturizer yang hadir untuk kulit wajah, tentunya kini sudah sadar akan pentingnya pelembab kulit. Bagi yang belum mengenai moisturizer adalah salah satu produk perawatan kulit yang biasanya digunakan pada tahap ketiga. Langkah pertama untuk membersihkan kotoran menggunakan micellar water kemudian face wash, lalu moisturizer.

Penutup

Nah, untuk tips pemilihan moisturizer sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta tipe kulit yang dimiliki. Misalnya pelembab yang berbahan dasar air lebih cocok digunakan untuk tipe kulit normal dan berminyak. Di sisi lain, manfaat moisturizer akan lebih terasa pada kulit wajah kering apabila memiliki sifat yang hydrating atau menjaga hidrasi kulit.

Fathan Alfarizky - Rekomended

Penulis

Fathan Alfarizky

Mengisi waktu luang dengan menulis di beberapa topik, tekno dan home electronics.

Tinggalkan komentar