11 Manfaat Lip Balm Supaya Bibir Tampak Sehat dan Cantik

Fathan Alfarizky

Di samping pembersih, toner, pelembab, orang menganggap lip balm sebagai item wajib untuk perawatan wajah sehari-hari. Manfaat lip balm untuk kecantikan ternyata sangat banyak terutama untuk bibir. Pada pagi hari orang memerlukan lip balm sebelum memakai lipstik.

Malam hari lip balm biasa dipakai untuk merawat bibir terutama yang mengalami kekeringan dan pecah-pecah. Apa saja guna lip balm bagi kecantikan? Adapun produk untuk bibir ini menyegarkan, melembabkan dan membuat bibir tidak kering. Untuk selengkapnya simak uraian berikut ini:

Daftar Manfaat Lip Balm untuk Bibir

1. Melembabkan Bibir

Manfaat lip balm untuk kecantikan yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang ialah membuat bibir terasa lembab. Dengan lip balm bibir akan jadi lembab dan halus. Selain itu bibir juga akan terasa lembut serta segar. Gunakan lip balm untuk menghindarkan kulit bibir dari rasa kesat, kering dan pecah-pecah.

Untuk tujuan melembabkan, pilih lip balm yang memiliki kandungan bahan natural seperti minyak jojoba, shea butter, minyak macadamia yang mempunyai khasiat menghaluskan bibir dan membuatnya lembab. Agar bibir lebih cantik, banyak warna pilihan pada lip balm. Bibir akan terlihat lebih indah saat memakainya.

Untuk memakai lip balm teramat gampang, cukup olesi bibir dengan pelembab ini pada segenap permukaan bibir saat pagi juga malam sebelum berangkat tidur. Pijat dengan lembut agar lip balm meresap ke dalam bibir. Pada saat pemakai tidur, kulit bibir akan beregenerasi dan tumbuh sel-sel kulit yang baru. Ini sebabnya lip balm punya peran penting untuk menjaga sel kulit  supaya tetap lembut.


2. Menghaluskan Bibir

Bibir  yang pecah-pecah selain tidak terlihat cantik saat dilihat, juga akan terasa perih dan sakit. Di kondisi ini, Lip balm adalah benda wajib selain pembersih, toner dan pelembab untuk wajah. Untuk bibir yang pecah-pecah pilih lip balm yang didalamnya mengandung jojoba oil, emollient, sterol, Vit E dan folic acid yang bisa membuat kulit bibir halus. Bibir tidak lagi terasa kesat serta kering pemakai pun terlihat segar dan cantik.

Cara pemakaiannya gampang, oleskanlah lip balm pada semua permukaan bibir di malam hari sebelum pemakai tidur. Setelah itu, berikanlah pijatan hingga lip balm semakin meresap. Dalam waktu  beberapa hari bibir akan tampak semakin halus dan lembut serta segar.


3. Menyehatkan Bibir

Manfaat lip balm untuk kecantikan ialah membuat bibir sehat. Bibir kadang-kadang bisa tidak sehat, kondisi yang dialami ialah kering, pecah-pecah, dan mengelupas. Penyakit bibir bisa disebabkan karena kekurangan nutrisi. Merawat bibir menggunakan lip balm dapat menjadi jawaban tepat guna mengatasi rasa sakit di bibir.

Untuk peminat kecantikan yang punya kulit yang sensitif, lebih baik menghindari varian lip balm yang berisi bahan berunsur kimia seperti alkohol atau parfum karena bisa membikin kondisi bibir jadi rusak dan tambah parah serta ada kemungkinan timbul alergi dan kulit bibir yang kehitaman.


4. Mengobati Tekstur Pecah Terkelupas

Saat udara kering atau kelewat sering ada di ruang dengan AC, bisa jadi kulit di bibir akan terasa kesat serta kering. Hal ini mempengaruhi penampilan jadi terlihat tidak segar dan buruk. Guna menanggulangi  hal ini, pakailah lip balm dan oles dengan cara berkala setiap hari. Lip balm akan melembutkan dan menyegarkan bibir.

Sebenarnya kulit pada bibir teksturnya lebih tipis dari kulit tubuh yang lain. Ini membuat kulit bibir sangat mudah menjadi kering dan pecah-pecah di keadaan dingin atau panas. Guna mengatasi hal itu, lip balm perlu dipakai secara rajin. Setelah beberapa saat akan terasa bahwa lip balm telah melembabkan dan menyembuhkan bibir yang terkelupas.

Sebagai tambahan lip balm juga akan membuat bibir tampak lebih segar. Kandungan pada lip balm yang bernama synthetic ceramides akan berfungsi sebagai lemak yang membantu melindungi bibir dari panas dan dingin ekstrim.


5. Melindungi Bibir dari Sinar Matahari

Terik sinar matahari yang sering mengenai bibir bisa berpotensi merusak kelembaban bibir. Yang mengalami keadaan ini bisa memanfaatkan lip balm untuk memproteksi bibir terutama saat berada di luar ruangan dan sering berada di bawah terik matahari.  Bibir yang rusak karena sering terkena sinar matahari perlu dilindungi. Pemakai bisa memilih produk lip balm yang punya isi SPF dan mentega shea pada dalamnya.

Dua zat ini dengan cara langsung bisa menolong membuat lembab dan dalam waktu yang sama memproteksi bibir dari bahaya radikal bebas. Bagi yang hidup di daerah tropis, selalu mempertimbangkan produk perawatan wajah termasuk lip balm  yang punya proteksi ekstra dari pengaruh buruk sinar UVA dan UVB adalah wajar.


6. Membuat Bibir Tampak Cerah

Ada beberapa orang yang bibirnya terlihat menghitam yang kebanyakan perokok. Bibir yang punya warna gelap kehitaman bisa membuat pemiliknya terlihat lesu dan tidak sehat. Bibir yang terlihat gelap juga dapat membuat pemiliknya tidak percaya diri. Warna bibir yang gelap menghitam juga, membuat sulit pemiliknya di dalam memilih warna perona bibir yang tepat untuknya

Contoh, saat pemakai ingin memakai perona bibir warna merah muda, karena kondisi warna bibirnya yang cenderung hitam, warna merah muda itu justru berubah jadi ungu saat pengaplikasian. Lip balm memiliki kandungan alami yang bisa mengembalikan warna asli bibir bahkan membuatnya cerah.

Pakai lip balm dengan kandungan Vitamin E dan kurangi merokok. Lama kelamaan warna alami bibir akan kembali. Untuk yang kulit bibirnya sensitif, hindarkan produk lip balm yang mempunyai kandungan bahan kimia dan parfum yang bisa membuat alergi dan kulit bibir jadi hitam.


7. Membuat Bibir Penuh Bervolume

Manfaat lip balm untuk kecantikan ini berguna untuk pemerhati kecantikan yang ingin bibirnya terlihat sehat dan penuh. Sebelum memakai lipstik, pakai dulu lip balm. Lip balm ini akan membuat bibir terlihat sehat dan nampak penuh

Bibir akan terlihat lembut, halus dan berkilauan karena lip balm serta lembab. Efek itulah yang membikin bibir  terlihat indah dan mempunyai isi atau volume. Bibir pun terasa lembab dan segar.

Jika tidak ada lip balm, pemerhati kecantikan bisa menggunakan madu, jeruk nipis, minyak zaitun atau jika tidak ada bahan-bahan itu banyaklah minum air putih. Lip balm yang bisa dipilih untuk membuat bibir terlihat penuh ialah lip balm yang mengandung asam lemak tidak jenuh. Pemilik bibir tipis harus memperhatikan hal ini. Mereka bisa membuat bibir penuh dan berkilau dengan lip balm.


8. Dapat Menggantikan Eye Cream

Manfaat lip balm untuk kecantikan yang tidak umum tapi bisa dilakukan ialah menjadi pengganti krim mata. Tidak disangka lip balm bisa membuat kulit di sekitar mata tenang dan lembab sekaligus menghilangkan kantung mata, juga mengurangi kerutan halus di sekitar netra.

Segala kegunaan ini didapat dengan mengoleskan lip balm di kulit sekitar mata tadi pada waktu malam sebelum berangkat tidur. Kandungan alami lip balm bekerja saat pemakai tidur.


9. Melembabkan Bagian Tubuh Lainnya

Bila lip balm membuat permukaan bibir yang kering menjadi lembab dan lembut sebagai manfaat lip balm untuk kecantikan, ini artinya lip balm dapat pula dipakai untuk membuat lembab bagian lain dari kulit.  Sebagai contohnya adalah siku dan tumit. Colek bagian lip balm dengan jari telunjuk lalu oles ke siku dan tumit dan kulit kering. Lakukan dengan rutin tiap hari untuk memperoleh hasil yang optimal.


10. Membersihkan Sisa Maskara

Pemakaian maskara bisa meninggalkan bekas-bekas di berbagai tempat dan make-up remover tidak mampu menghapuskan pigmen dari maskara yang begitu kuat. Yang perlu dilakukan ialah mengambil dan mengaplikasikan lip balm.

Ambil satu cotton bud  lalu oles kapasnya dengan lapisan lip balm. Setelah itu gosok kapas dengan krim lip balm pelan-pelan di area kulit yang tercoreng maskara. Di dalam sekejap mata, corengan maskara akan menghilang tak berbekas.


11. Dapat Menggantikan Eyebrow Gel

Manfaat lip balm untuk kecantikan yang tidak disangka-sangka ialah menjadi pengganti bagi gel untuk alis. Lip balm dapat jadi kosmetik pembantu untuk membuat alis mata rapi. Lip balm bisa dimanfaatkan jadi setting balm sesudah pemakaian pensil alis.

Penutup

Demikianlah sebelas manfaat lip balm untuk kecantikan. Ada manfaat yang sudah umum seperti lip balm tidak cuma membuat bibir lebih sehat dan lembab, tapi juga dapat dipakai sebagai pengganti eye cream. Lip balm ada yang berwarna ada yang tidak berwarna. Teksturnya juga beragam seperti krim, seperti minyak sampai padat. Ada pula yang berasa manis dan ada yang tidak berasa. Jangan lupa memakai lip balm saat cuaca panas terik.

Fathan Alfarizky - Rekomended

Penulis

Fathan Alfarizky

Mengisi waktu luang dengan menulis di beberapa topik, tekno dan home electronics.

Tinggalkan komentar