3 Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Fathan Alfarizky

Semakin ke sini, semakin banyak orang yang sudah menyadari mengenai betapa pentingnya untuk menjaga kesehatan dan melakukan perawatan pada kulit. Ditambah lagi, salah satu bagian tubuh yang memerlukan ketelitian dan perawatan rutin adalah jenis kulit yang terdapat pada wajah. Oleh karena itu, banyak yang mencari cara mengetahui jenis kulit wajah.

Untuk melakukan perawatan pada kulit masing-masing terutama di bagian wajah, memang diperlukan dahulu informasi yang tepat tentang jenis kulit wajah. Apalagi setiap orang terutama wanita tentu saja tidak ingin melakukan perawatan kulit apalagi memakai jenis skincare yang tentunya tidak sesuai. Untuk mengetahui apa saja cara mengetahui jenis kulit wajah, silakan simak ulasan berikut ini:

Metode #1: Tes Tisu (Tissue Test)

Jenis cara mengetahui jenis kulit wajah yang pertama ini secara sederhana bisa dikatakan sebagai cara yang paling fleksibel untuk dicoba nantinya secara langsung. Ditambah lagi, setiap wanita juga tidak memerlukan alat bantu yang ribet dan bisa langsung praktik untuk mengetahui jenis kulit masing-masing. Setiap orang hanya perlu menggunakan sebuah tisu untuk cara ini.

1. Cuci Muka Terlebih Dahulu

Hal pertama yang wajib dilakukan untuk mencoba cara mengetahui jenis kulit wajah ini adalah dengan membersihkan kulit wajah yang dimiliki. Setiap orang bisa memanfaatkan berbagai jenis produk sabun cuci wajah masing-masing terutama yang sudah biasa dipakai secara rutin setiap hari. Sebaiknya benar-benar cuci wajah dengan hati-hati agar kotoran wajah terangkat.


2. Jangan Gunakan Produk Lain Terlebih Dahulu

Setelah melakukan cuci wajah masing-masing dengan produk yang sudah dimiliki, maka jangan lupa untuk membasuhnya dengan handuk khusus untuk wajah. Jangan sampai menggunakan jenis handuk yang digunakan untuk jenis bagian tubuh lainnya karena bisa memberikan dampak tidak terduga pada wajah. Apalagi jika handuk tersebut sudah dipakai berkali-kali pada hari tersebut.


3. Biarkan Mengering dan Tunggu 30-60 Menit

Kemudian jika sudah melakukan cuci wajah dengan facial foam dan membasuhnya secara perlahan dengan khusus, maka lanjutkan dengan cara ini. Setiap orang tidak perlu merasa tergesa-gesa dan sebaiknya tunggu dahulu selama beberapa lama setelah membasuh muka, yaitu sekitar 30-60 menit. Lakukan banyak aktivitas juga sembari menunggu wajah menjadi benar-benar kering.


4. Tempelkan Tisu Pada Wajah

Untuk cara mengetahui jenis kulit wajah yang berikutnya ini perlu dilakukan dengan teliti dan pastikan sudah memiliki tangan bersih. Jika habis menyentuh sesuatu yang kotor ketika masa penantian tadi, sebaiknya basuh dahulu tangan dan keringkan dengan handuk. Kemudian silakan tempelkan tisu ke bagian wajah secara perlahan dan temukan hasil masin-masing.


5. Hasil

Cara yang pertama ini sebenarnya juga bisa dilakukan ketika bangun tidur selama beberapa waktu untuk kembali memeriksa jenis kulit masing-masing. Setelah berhasil menempelkan tisu pada wajah, maka silakan tarik tisu dengan lembut dan juga hati-hati agar hasilnya dapat diketahui langsung. Untuk penjelasan secara lebih detail, berikut hasil dari cara pertama ini:

  • Tisu yang tidak menyerap minyak menunjukkan kondisi kulit yang normal.
  • Jika tisu ternyata menyerap minyak pada wajah, maka kulit wajah termasuk ke dalam kategori kulit berminyak.
  • Kemudian jika ternyata kulit malah terasa kencang, maka termasuk jenis kulit kering.
  • Sedangkan kulit kombinasi dibuktikan dengan minyak diserap pada bagian T-Zone.

Metode #2: Tes Selotip (Tape Test)

Selanjutnya ada jenis cara mengetahui jenis kulit wajah yang tidak kalah menarik dan mudah untuk dicoba secara langsung oleh wanita. Apalagi jenis cara yang kedua yang mudah dipraktikkan ini juga tidak memerlukan waktu lama sehingga dapat disesuaikan. Sebelum mempraktikkannya secara langsung, silakan pahami prosedur di bawah ini:

1. Siapkan Selotip Bening

Berbeda dengan cara yang sebelumnya, jenis cara yang kedua ini ternyata tidak memerlukan bahan atau alat bantu seperti tisu wajah. Namun setiap orang yang ingin mengetahui mengenai jenis kulit masing-masing bisa memanfaatkan alat bantu seperti selotip bening yang mudah ditemukan. Ditambah lagi, jumlah selotip yang dibutuhkan pun tidak termasuk banyak.


2. Cuci Muka Sampai Bersih

Sementara itu, setelah menyiapkan selotip bening yang dapat dijadikan sebagai alat bantu, setiap orang dapat segera mencuci wajah masing-masing. Sebaiknya gunakan jenis sabun cuci yang memang sudah dipakai secara rutin sehingga bisa sekalian mengetahui apakah sudah sesuai nantinya. Hindari juga untuk membasuh wajah dengan menggunakan air hangat.


3. Gunakan Handuk Untuk Mengeringkan Wajah

Kemudian setelah melakukan cuci wajah dengan air biasa dan sabun cuci wajah yang sudah dimiliki, maka silakan lanjutkan dengan mempraktikkan cara ini. Tepat setelah mencuci wajah, sebaiknya segera kenakan handuk yang biasa dipakai untuk wajah untuk membasuh tetesan air dari wajah. Basuh handuk yang sudah dimiliki tersebut dengan lembut ke wajah masing-masing.


4. Jangan Gunakan Produk Apapun Terlebih Dahulu Selama 20 Menit

Hal yang seringkali dilakukan oleh banyak orang setelah mencuci kemudian mengeringkan wajah dengan handuk adalah memakai produk skincare. Padahal untuk menemukan jenis kulit masing-masing yang dimiliki, setiap orang harus menghindari pemakaian skincare setidaknya selama sekitar 20 menit. Jangan juga menyentuh wajah yang sudah bersih dengan tangan.


5. Tempelkan Selotip Pada Wajah Selama 3 Menit

Akhirnya setelah membiarkan wajah yang sudah dibersihkan selama beberapa waktu, silakan segera mencoba memanfaatkan selotip. Setiap orang dapat menempelkan selotip yang dipotong sesuai dengan kebutuhan pada wajah masing-masing. Silakan menempelkan selotip tersebut dan tunggu selama tiga menit.


6. Lepaskan Selotip

Jika sudah menempelkan selotip bening yang sudah disiapkan masing-masing, maka silakan melanjutkan dengan melepas selotip tersebut. Namun pastikan untuk melepas selotip tersebut dengan hati-hati agar tidak melukai wajah cantik yang sudah dimiliki. Selain itu, jangan sampai merusak hasil yang ada di selotip dengan tangan sehingga nantinya akan susah untuk diidentifikasi.


7. Hasil

Untuk mengetahui jenis kulit wajah masing-masing yang dimiliki melalui cara ini, tetap diperlukan panduan agar mudah memahami nantinya. Apalagi setiap hasil berupa jenis kulit yang dimiliki hanya bisa diperoleh dengan keterangan atau respon dari selotip yang dipakai. Panduan hasil berikut dapat disimak secara lebih lanjut melalui beberapa keterangan singkat berikut:

  • Jika ternyata kulit wajah atau bagian wajah tertentu yang ditempeli selotip dan dapat dilepas dengan mudah, maka wajah tersebut termasuk kategori normal.
  • Sementara itu, jika ternyata selotip sulit dilepas dari wajah yang ditempelinya bahkan sempat bergeser, maka termasuk kategori kulit berminyak.
  • Sedangkan untuk jenis kulit kering dapat diketahui jika ternyata selotip terlihat begitu keruh setelah dilepas.

Metode #3: Memantau Tampilan Kulit Setiap Hari

Selanjutnya ada cara mengetahui jenis kulit wajah yang jangan sampai dilewatkan untuk dicoba secara langsung walaupun tidak dalam waktu singkat. Hal ini dikarenakan jenis cara yang terakhir ini menuntut orang untuk lebih memperhatikan seperti apa kondisi kulit masing-masing setiap hari. Walaupun begitu, bukan berarti bahwa jenis cara ini bisa dilewatkan.


1. Terasa Berminyak dan Berkilau

Untuk menemukan jenis kulit wajah yang dimiliki melalui cara pertama ini, setiap orang sebaiknya melakukan pemeriksaan pada waktu yang tepat. Jangan melakukan pemeriksaan pada wajah ketika di pagi hari apalagi setelah melakukan perawatan seperti mencuci wajah dan cek siang harinya. Kulit yang terasa berminyak dan terlihat berkilau itu kulit berminyak.


2. T-zone Berkilau dan Daerah Lain Kering

Selanjutnya ada tanda-tanda lainnya yang dimiliki oleh kulit wajah masing-masing yang tidak kalah mudah untuk diketahui dan dipahami setiap orang. Setiap orang hanya perlu memperhatikan apakah ternyata jenis kulit di bagian T-zone ternyata berminyak sementara lainnya tidak memiliki kondisi sama. Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa kulitnya termasuk kulit kombinasi.


3. Terdapat Sisik dan Sedikit Minyak

Sementara itu di sisi lain, ada jenis kulit normal yang bisa diketahui melalui tanda-tanda yang tidak kalah sederhana dan mudah. Selain itu, setiap orang hanya perlu memeriksa setiap hari apakah kulit wajah yang dimiliki memiliki sisik atau ada sedikit minyak. Jika memang begitu, maka kulit tersebut termasuk kategori kulit normal.


4. Mudah Merah dan Gatal hingga Meradang

Jenis kulit yang terakhir ini bisa dikenal dengan kulit sensitif yang juga dimiliki oleh banyak orang pada masa sekarang. Selain itu, untuk mengetahui apakah memiliki jenis kulit sensitif, maka silakan periksa apakah ternyata kulit yang dimiliki itu mudah merah. Ditambah lagi, tanda kulit sensitif diketahui jika ternyata kulit mudah gatal.

Ulasan mengenai beberapa cara mengetahui jenis kulit wajah secara lengkap dan detail di atas dapat dicoba secara langsung dengan mudah. Ditambah lagi, mengetahui jenis kulit masing-masing pada masa sekarang memang penting untuk kesehatan dan perawatan jangka lama. Setiap orang juga perlu menyesuaikan produk perawatannya dengan jenis kulit.

Fathan Alfarizky - Rekomended

Penulis

Fathan Alfarizky

Mengisi waktu luang dengan menulis di beberapa topik, tekno dan home electronics.

Tinggalkan komentar