Cara Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu

Fathan Alfarizky

Maraknya produk kecantikan yang beredar di masyarakat menjadikan angin segar bagi kaum hawa. Produk kecantikan yang diproduksi pun mampu menjawab segala permasalahan kulit yang begitu mengganggu penampilan. Setiap produk kecantikan biasanya telah mengalami uji BPOM, namun sekarang izin tersebut dapat dipalsukan sehingga harus dilakukan cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu ini.

Tak banyak yang mengetahui bagaimana cara mengeceknya, padahal sangat mudah sekali jika ingin mempelajarinya. Hadirnya teknologi yang semakin canggih mampu membuat manusia berpikir semakin cerdas sehingga cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu bukanlah perkara yang sulit. Demi menjawab rasa penasaran, berikut merupakan cara yang bisa ditempuh guna mengetahui keamanan dari produk yang digunakan.

1. Lihat Nomor BPOM Pada Kemasan Produk

Jadilah pembeli yang jeli dalam setiap memilih produk kecantikan karena ini akan berdampak pada penampilan seorang wanita. Jangan terlalu tergiur dengan produk yang murah namun kualitasnya belum tentu baik. Membuktikan keamanan dari produk kecantikan, cukup mudah sekali yaitu dengan melihat izin resminya atau sering disebut izin dari BPOM.

BPOM: Badan Pengawasan Obat dan Makanan di Indonesia

Perlu diketahui bahwa BPOM merupakan sebuah tim yang bekerja untuk mengawasi peredaran obat dan juga makanan. Tentu saja kosmetik berada di dalamnya. Badan ini hanya ada di Indonesia saja, apabila di negara lain memiliki nama yang berbeda. Semua produk yang ada di Indonesia harus diujikan dahulu melalui BPOM sebelum diedarkan ke masyarakat.

BPOM resmi didirikan sejak tahun 2000 silam. Kemunculannya tentu membuat masyarakat merasa aman karena segala produk yang beredar di Indonesia telah diawasi dengan ketat. Tips bagi para konsumen adalah dengan melakukan cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu yang tertera pada produk yang akan dibeli. Apabila terdapat BPOM di dalam produknya, maka dapat dipastikan produk tersebut aman.

Letak Nomor BPOM

Nomor BPOM memang sangat kecil dan biasanya terdapat pada bagian belakang pada produknya. Tak hanya itu saja, letak BPOM ini juga berada di bagian bawah kemasannya sehingga harus benar-benar diperhatikan oleh konsumen. Jangan malas untuk melakukan cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu ini pada produk kecantikan karena akan berakibat pada kesehatan kulit nantinya.

Aturan Penomoran BPOM

Penyusunan nomor BPOM biasanya diawali dengan 2 huruf kemudian diikuti dengan 11 angka. Pembeli harus menghitung nomor BPOM-nya dengan teliti untuk membuktikan keaslian dari produk kecantikan yang akan dikoleksi. Apabila memang huruf dan angka jumlahnya sudah pas, maka pembeli tak perlu khawatir lagi untuk menggunakan produk tersebut.

Perhatikan Promosi Produk

Tips lainnya agar tidak tertipu dengan produk yang palsu adalah melihat apakah produk tersebut termasuk banyak diminati atau tidak. Menanyakan efek samping yang dialami oleh para pengguna juga dapat dilakukan agar semakin nyaman ketika memakainya. Biasanya produk yang sudah BPOM juga memiliki iklan di TV ataupun media lainnya sebagai ajang promosi.


2. Kunjungi Situs Resmi BPOM atau Unduh Aplikasi cek BPOM

Cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu yang selanjutnya adalah dengan mengunjungi website resmi yang dimiliki oleh BPOM. Semua daftar produk yang telah aman untuk diedarkan berada pada situs tersebut. Hadirnya website ini menjawab keraguan yang ada di masyarakat mengenai produk yang palsu dan sudah terlanjur beredar dipasaran.

Dewasa ini banyak sekali produk ternama yang ditiru oleh pihak tak bertanggungjawab sehingga mirip sekali dengan aslinya dan sulit untuk dibedakan. Biasanya produk tiruan ini harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan produk yang asli dan kemasannya pun berbeda. Kebanyakan masyarakat tidak memperhatikan kemasannya dengan baik sehingga asal beli yang penting murah.

Hadirnya kosmetik yang abal-abal juga sangat merugikan bagi pemilik produk asli karena omset penjualan menjadi menurun sehingga harus diberantas. Cara memberantas yang paling mudah adalah dengan tidak membeli produk tersebut. Jadikan konsumen yang cerdas agar tidak mudah ditipu oleh produk tiruan yang nantinya akan merugikan diri sendiri.

Mengunjungi Situs Resmi BPOM

Mudah sekali untuk melakukan cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu yaitu tinggal mengetik alamat https://cekbpom.pom.go.id pada kolom mesin Google. Pilihan lainnya yaitu dapat menggunakan aplikasi yang telah disediakan untuk semua pengguna baik Android maupun iOS. Aplikasi ini semakin memudahkan bagi siapapun untuk mengecek keaslian dari produk kecantikan yang dibeli.

Membuka Aplikasi Cek BPOM

Aplikasi Cek BPOM telah hadir sejak tahun 2018 lalu. Kemunculan aplikasi ini merupakan ide dari BPOM guna memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat di Indonesia. Kapasitas dari aplikasi yang satu ini juga ringan sehingga mampu dijangkau oleh semua Android dan iOS. Cek BPOM juga menyediakan informasi mengenai nama importir ataupun produsenya.

Tak hanya produk dari dalam negeri saja, konsumen juga dapat mengecek produk impor dengan mudah melalui website UPCitemDB. Pencarian menggunakan situs ini tidak lagi menggunakan kode yang ribet, melainkan dengan nomor barcode yang telah tersedia pada produknya. Informasi seputar produk pun bisa didapatkan dengan mudah melalui website ini.


3. Masukkan Identitas Produk Yang Tersedia Pada Kolom Pencarian

Memasukkan identitas produk merupakan cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu yang wajib dilakukan. Identitas produk ini dapat diisi pada kolom pencarian yang ada di website. Kolom tersebut terdapat opsi pencarian produk berdasarkan nomor registrasi, merk, komposisi, dan lainnya. Konsumen dapat memilih sendiri pilihan tersebut sesuai dengan keinginan. Akan lebih mudah jika menggunakan nama produknya.

Masukkanlah identitas produk sesuai dengan opsi yang dipilih, kemudian tinggal klik Cari pada tombol yang telah tersedia. Bagi yang ingin mencari informasi secara detail, direkomendasikan untuk melakukan pencarian berdasarkan nomor registrasi. Informasi yang akan ditampilkan jika memilih ini adalah nama produk, tanggal terbit, variasi kemasan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Keterangan produk yang akan didapatkan oleh konsumen bisa disesuaikan dengan rasa curiga terhadap produk tersebut. Apabila merasa curiga dengan nama produknya, dapat melihat keterangan apakah pegembang tersebut benar-benar memproduksi nama produk yang dicurigai atau tidak. Hati-hatilah jika tidak ada nama produknya karena bisa jadi produk tersebut tidak memiliki izin atau sedang dalam pemantauan.

Website BPOM juga menyediakan informasi mengenai statistika produk Indonesia yang saat ini telah mendapatkan izin untuk diedarkan. Statistika ini diperbaharui setiap bulannya sehingga informasi yang diberikan sangat akurat sekali. Tak hanya itu saja, jumlah produk makanan, kosmetik, jamu, obat, dan lainnya juga disertakan setiap tahun sehingga konsumen dapat melihat dengan jelas.


4. Hasil Pencarian Menandakan Keaslian Produk

Konsumen yang sudah melakukan klik cari, maka akan diarahkan untuk memasuki halaman khusus yang menjelaskan mengenai keterangan produk. Cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu selanjutnya adalah sesuaikanlah nomor BPOM dengan nama atau jenis kosmetik yang sudah dibeli. Menariknya, website BPOM mampu memberikan informasi secara lengkap mengenai tekstur produk, nama produsen, kemasan, dan lainnya.

Produk Resmi Tercantum pada Website BPOM

Perlu diketahui jika website resmi BPOM hanya menyediakan informasi terkait dengan produk yang terdaftar saja. Hal tersebut menandakan apabila produk yang dicari informasinya tidak muncul, maka produk tersebut belum mendapatkan izin dari BPOM RI. Kemungkinan lain yang terjadi pada produk tersebut adalah sedang ditarik dari edaran karena memiliki masalah.

Produk yang tidak terdaftar pun dapat diindikasikan sebagai produk yang palsu atau memang belum didaftarkan oleh produsennya. Berhati-hatilah bahwa produk tersebut bisa jadi tidak aman digunakan karena belum lulus uji laboratorium. Efek yang ditimbulkan oleh produk kosmetik yang tidak aman pun beraneka ragam seperti gatal, iritasi, timbul jerawat, dan efek lainnya.

Produk dengan Izin BPOM Tidak Mengandung Bahan Berbahaya

Cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu harus dilakukan oleh konsumen agar tidak tertipu barang palsu. Konsumen pun dapat melakukan cara lain yaitu dengan mengetahui kandungan dari produk yang sudah dibeli. Apabila terdapat kandungan yang berbahaya bagi kulit, maka dapat dikatakan produk tersebut tidak asli. Lihat pula penulisan merk, lalu bandingkan dengan website resminya.

Telusuri Testimoni Konsumen

Melihat testimoni dari kosumen adalah cara terbaik selanjutnya agar tidak termakan produk palsu. Lihatkan testimoni yang terdapat pada website ataupun dapat menanyakan pada orang yang pernah memakai produk tersebut. Hasil testimoni ini dianggap akurat karena biasanya konsumen akan berkata jujur mengenai produk yang telah digunakan agar tidak ada konsumen lain yang tertipu.

Informasi yang disajikan mengenai cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu yang telah disajikan di atas dapat diterapkan oleh konsumen sebelum diaplikasikan ke wajah. Ingatlah bahwa produk yang berbahaya akan mengintai siapa saja. Tetaplah menjadi pembeli yang jeli dalam setiap mengoleksi suatu produk. Tentu saja harga yang sedikit mahal tak masalah, asalkan produknya asli.

Fathan Alfarizky - Rekomended

Penulis

Fathan Alfarizky

Mengisi waktu luang dengan menulis di beberapa topik, tekno dan home electronics.

Tinggalkan komentar