counter create hit

11 Urutan Skincare Remaja Pagi dan Malam Hari

Anindira Heri

Menginjak usia remaja, pasti banyak masalah yang muncul terkait wajah. Sehingga diperlukan perawatan yang tepat agar tidak semakin parah.

Selain itu, harus mengetahui juga urutan skincare pagi dan malam untuk remaja. Karena kulit wajahnya cenderung sensitif dan berbeda dari orang dewasa. Apalagi sekarang banyak sekali jenis produk kecantikan yang beredar.

Permasalahan yang muncul pada remaja paling besar disebabkan karena adanya peningkatan hormon.

Masa peralihan itulah yang menjadi faktor utama. Dan untuk mengatasi, diperlukan berbagai skincare. Tapi harus tahu bahwa ada urutan menurut waktu penggunaan yang harus diperhatikan. Berikut ini penjelasannya:

Urutan Skincare Remaja di Pagi Hari

Bagi para remaja, tentu sering merasakan setelah bangun tidur kulit pasti merasa kurang nyaman.

Oleh karena itu, perawatan pada kulit di waktu ini sangat tepat jika dilakukan saat pagi hari.

1. Sabun Pencuci Muka

Urutan pertama dalam merawat kulit remaja saat pagi hari adalah menggunakan sabun pencuci muka.

Hal ini diperlukan supaya bisa membersihkan berbagai kotoran yang menempel. Selain itum juga dapat memberikan perlindungan pada kulit menjelang aktivitas sepanjang hari. Sebab di luar rumah rawan terkena polusi udara.

Sesuai urutan skincare pagi dan malam untuk remaja, sabun cuci muka ini digunakan dua kali dalam satu hari.

Pemilihan produknya harus disesuaikan dengan kondisi kulit saat ini. Sebaiknya gunakan pembersih yang menggunakan bahan dasar busa. Sebab teksturnya lembut dan nyaman saat digunakan. Atau juga bisa memilih facial wash yang gentle.

2. Toner

Urutan skincare pagi dan malam untuk remaja yang selanjutnya yaitu menggunakan toner. Toner berfungsi sebagai pembersih dari semua residu yang tertinggal.

Penggunaan toner setelah mencuci wajah juga bermanfaat untuk menyeimbangkan pH kulit. Selain itu, penggunaan toner membuat skincare selanjutnya lebih mudah meresap ke kulit.

Dalam memilih toner, pastikan tidak mengandung alkohol dan bahan kimia lain yang berbahaya. Paling aman, gunakan jenis toner nabati yang bahan utamanya diambil dari alam. Dapat juga memilih jenis hydrating toner.

3. Moisturizer

Karena jadwal kegiatan yang lumayan sibuk dan sering berada di luar rumah, menggunakan moisturizer menjadi hal yang penting.

Meskipun terpapar sinar matahari dan terkena polusi, kulit akan tetap terjaga kelembabannya. Kandungan yang ada di dalam produk moisturizer juga bisa meningkatkan proses hidrasi. Wajah akan lebih sehat dan segar.

Jenis kulit menjadi hal utama yang harus diperhatikan sebelum memilih produk pelembab. Karena pemilik kulit kering, acne prone, berminyak, dan sensitif menggunakan moisturizer yang berbeda.

Pakailah pelembab yang bertekstur ringan supaya tetap terasa nyaman. Pastikan juga tahu bahwa moisturizer menempati urutan skincare pagi dan malam untuk remaja yang ketiga.

4. Sunscreen

Berikutnya ini menjadi skincare wajib buat remaja yang menghabiskan waktu di luar. Apalagi ketika pergi sekolah, belajar kelompok, atau jalan-jalan ke suatu tempat.

Supaya kulit terlindungi dari akibat bahaya sinar UV (UVA dan UVB) maka perlu untuk menggunakan tabir surya. Bukan hanya diaplikasikan ke wajah, tapi juga ke seluruh tangan dan bagian lainnya.

Apabila waktu yang dihabiskan di luar cukup penuh, tabir surya dengan SPF lebih dari 35 menjadi pilihan yang tepat.

Tapi jika lebih banyak berada di ruangan, sunscreen SPF 15 sudah memenuhi kebutuhan. Penggunaan sunscreen berada di urutan skincare pagi dan malam untuk remaja yang paling akhir, yakni setelah moisturizer.


Urutan Skincare Remaja di Malam Hari

Bukan hanya pagi hari, skincare juga perlu dipakai saat malam. Terutama setelah seharian beraktivitas kulit pasti mengalami kelelahan.

Supaya lebih fresh, simaklah urutan penggunaan skincare berikut ini agar tidak melakukan kesalahan saat mengaplikasikan skincare di wajah:

1. Sabun Cuci Muka

Tidak jauh berbeda, sabun cuci muka menempati posisi pertama dalam urutan skincare pagi dan malam untuk remaja.

Karena kulit yang terlalu lama dibiarkan dan terkena polusi harus segera dibersihkan. Supaya tidak menjadi penyebab munculnya masalah pada wajah. Seperti jerawat, komedo, atau kulit yang kusam.

Saat malam hari, gunakanlah facial wash yang memiliki busa dan bebas sabun. Supaya menghasilkan kulit yang lebih segar dan nyaman.

Apalagi jika setelah menggunakan riasan. Maka segeralah untuk membersihkannya. Agar tidak ada kotoran yang menumpuk dan menyumbat pori-pori. Pakailah produk yang tidak mengandung minyak.

2. Scrub

Eksfoliasi menjadi salah satu proses yang penting. Karena fungsinya di sini yaitu menghilangkan sel-sel kulit mati secara sempurna.

Untuk itu, diperlukan urutan skincare pagi dan malam untuk remaja yang selanjutnya guna menunjang proses tersebut. Gunakanlah produk ini sebelum mengaplikasikan toner ke muka. Pilih juga scrub yang sesuai dengan kondisi.

Bukan setiap hari, scrub bisa hanya sekali dalam satu minggu. Dan paling banyak dua kali. Sehingga kotoran yang menyumbat paru-paru bisa segera terangkat.

Manfaat lainnya yaitu dapat menjadi kontrol dari kadar sebum berlebih. Setelahnya tidak akan ada jerawat atau komedo yang muncul lagi.

3. Toner

Saat malam hari pun perlu untuk menggunakan toner. Karena produk perawatan kulit ini akan membantu proses pembersihan pada wajah secara menyeluruh.

Adanya minyak yang dihasilkan oleh riasan dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Untuk mengatasinya, diperlukan toner dengan tugas melarutkan minyak yang ada di pori-pori.

Toner ini juga bisa difungsikan untuk menunjang proses hidrasi. Sehingga kulit wajah akan tetap terasa lembab.

Ketika terbangun esok pagi, kulit akan terasa lebih tenang dan segar. Apalagi bagi para remaja yang punya aktivitas sibuk. Supaya kulitnya selalu kenyal, gunakan toner setelah mengaplikasikan scrub.

4. Obat Jerawat

Urutan skincare pagi dan malam untuk remaja yang berikutnya yaitu obat jerawat. Produk ini sangat diperlukan bagi yang memiliki kulit berjerawat dan mengganggu penampilan.

Apalagi pada masa-masa ini terjadi proses peningkatan hormon. Sehingga rawan sekali muncul berbagai masalah yang menyerang wajah para remaja.

Ada berbagai acne spot yang bisa dijajal. Direkomendasikan untuk memakai produk yang memiliki bentuk berupa salep atau gel.

Karena obat jerawat seperti ini dapat menghadirkan kesan adem pada kulit. Selain itu, jerawat akan lebih cepat mengempis dan kering. Jangan sampai memencet jerawat supaya tidak menyisakan noda hitam.

5. Masker

Tidak kalah penting, produk satu ini juga perlu digunakan oleh para remaja. Wajah yang terlalu lama terkena sinar matahari akan terasa kering dan mengalami kelelahan.

Supaya tetap dalam kondisi lembab, gunakanlah masker sebelum tidur. Penggunaannya sebelum moisturizer agar nantinya lebih mudah meresap ke dalam kulit.

Untuk remaja dengan kulit berminyak, pilihan masker jenis clay mask atau mud mask. Karena produk ini bekerja baik dalam mengontrol sebum yang memiliki kadar berlebih.

Jika kulit wajah cenderung kering, jenis masker yang digunakan juga berbeda. Jenis hydrating mask dan sheet mask menjadi pilihan tepat untuk memperlancar proses hidrasi.

6. Moisturizer

Gunakanlah pelembab menjelang tidur. Bagi kamu yang sering terkena paparan AC, penggunaan moisturizer sebaiknya dilakukan supaya meminimalisir kulit kering dan kusam. Jadi, moisturizer sangat diperlukan dalam kondisi ini.

Penggunaannya menjadi urutan skincare pagi dan malam untuk remaja setelah selesai memakai masker ke wajah sehingga saat bangun nanti lebih segar.

Kemudian, pilihlah moisturizer yang sesuai dengan kulit. Apalagi di masa remaja masih sering sensitif dan perlu ada penyesuaian.

Jika kurang cermat dalam memilih, penggunaan moisturizer bisa memberikan akibat yang buruk. Misalnya, munculnya jerawat, wajah kusam, noda hitam, dan permasalahan lainnya.

7. Nightcream

Pilih night cream yang memiliki tekstur ringan dan tidak terasa berat sehingga proses regenerasi bisa berjalan dengan baik dan pori-pori juga dapat bernafas.

Terdapat berbagai manfaat ketika menggunakan nightcream, seperti memperbaiki lapisan kulit yang rusak, mencerahkan wajah, menjaga kelembapan, dan elastisitas kulit.

Demikian uraian lengkap terkait urutan skincare pagi dan malam untuk remaja. Setelah mengetahuinya, janganlah asal dalam mengaplikasikan ke kulit.

Penggunaan yang tepat akan memberikan hasil yang baik juga. Dalam memilih produk skincare sesuaikan dengan kondisi wajah dan kebutuhan. Konsultasi dengan ahli kecantikan sebagai langkah terbaik dan tidak timbul akibat buruk.

Anindira Heri - Rekomended

Penulis

Anindira Heri

Content Editor di Rekomended.com. Cosmetics Enthusiast!

    Tinggalkan komentar