counter create hit

11 Merk Skincare untuk Kulit Sensitif yang Bagus (2024)

Anindira Heri

Melakukan perawatan untuk kulit yang sensitif tidaklah mudah, bila salah memakai produk atau kosmetik, kulit dapat mengalami iritasi.

Terlebih jika kulitnya sensitif berminyak, bila tak sesuai kulit dapat jadi semakin berminyak dan keluar jerawat. Jika seseorang sadar kulitnya berjenis sensitif ada baiknya bila memakai produk skincare untuk kulit sensitif dengan bahannya tidak menimbulkan alergi dan tak menyumbat pori.

Ciri-ciri dari kulit yang sensitif biasanya terdapat gejala-gejala: kulit terasa gatal bahkan panas dan perih, mengencang seperti tertarik dan memerah pada beberapa bagian kulit.

Berikut adalah sebelas rekomendasi produk untuk kulit yang sensitif diantaranya adalah sebagai berikut:

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Sensitif Terbaik

1. Bioderma Sensibio H2O

bioderma.co.id

Kebanyakan orang mengasosiasikan bahwa kulit yang sensitif  biasanya ialah kulit jenis kering. Biasanya memang demikian. Kenyataannya ada orang berkulit berminyak, tetapi mengalami dehidrasi juga, ini kulit berjenis berminyak sensitif dan gampang mengalami kerusakan. Untuk mengatasi hal itu perlu dilakukan perawatan dengan produk spesial yang tak memicu alergi dan iritasi.

Bioderma jenis Sensibio H2O ialah skincare untuk kulit sensitif yang dapat diandalkan untuk kulit kering ataupun berminyak yang sensitif. Sensibio H2O Water ini adalah air micellar yang  dapat membersihkan kotoran dengan tuntas. Sisa-sisa riasan wajah termasuk lipstik dan maskara anti air bisa bersih 100%. Kandungan air juga akan melembabkan kulit dan tidak ada kandungan alkohol, pewangi atau paraben jadi tidak merusak kulit.

Produk skincare untuk kulit sensitif ini juga dilengkapi ester asam lemak yang bisa meregenerasi sel-sel kulit yang teriritasi saat dibersihkan. Produk dijual dengan harga Rp120.000 per 100 ml.


2. Skin1004 Madagascar Centella Asiatica 100 Ampoule

sociolla.com

Tumbuhan Centella asiatica ialah bahan alami yang kemudian diproduksi sebagai ampul yang bisa membuat tenang kulit yang mengalami iritasi, mengatasi kemerahan, serta membuat warna kulit rata. Disamping itu, kandungan air yang diambil dari tanaman ini berguna pula sebagai pencegah pembengkakan dan perawatan tekstur kulit. Tidak ada bahan berbahaya pada kandungannya, karena itu ampul ini cocok untuk kulit sensitif.

Untuk memperoleh manfaat dari Centella asiatica sehingga kulit merasa tenang, seseorang harus mengeluarkan uang Rp295.000 per kemasannya, Tetapi bila kandungannya cocok untuk kulit sensitif, tidak ada salahnya mempertahankan penggunaan produk ini.


3. The Ordinary Natural Moisturizing Factor + HA 

deciem.com

Permasalah pada kulit sensitif yaitu iritasi bisa terjadi sebab kelembaban udara sangat tinggi atau karena kulit tidak kuat bereaksi dengan bahan tertentu pada skincare untuk kulit sensitif. Akibatnya  kulit jadi gatal, mengering, bersisik,  juga berwarna kemerahan. Produk pelembab Ordinary bentuknya krim tetapi padat dapat jadi pilihan paling tepat karena kandungan asam Hyaluronic yang amat baik untuk melembabkan kulit, khususnya kulit kering. Krim padat ini mudah meresap di kulit.

Penggunaannya bisa di pagi, siang maupun malam hari, pemakaian secara teratur ini dimaksudkan guna membuat kadar minyak di kulit jadi seimbang. Harganya berkisar antara Rp190.000 sampai Rp 210.000.


 4. COSRX Snail 96 Mucin Power Essence

cosrx.com

Tidak berbeda dengan nama Cosrx, produk berbahan lendir siput. Esen dari merk kosmetik asal Korea ini mengandung pula betaine, jenis glycol, hyaluronate sodium  dan bahan pengenyal lain yang anti-alergi. Produk ini tidak hanya cocok untuk kulit yang sensitif tetapi bagus pula untuk segala jenis kulit dan tepat untuk memudarkan bekas jerawat dan memperbaiki kerusakan  tekstur kulit.

Power essence ini bebas parfum. Esennya memiliki sifat lendir: licin dan transparan dan tidak akan membuat kulit terasa perih. Waktu dipakai ada sensasi dingin serta lembab. Penting diketahui, kandungan essen ini tidak berguna supaya mencerahkan atau membuat rata warna kulit, tetapi memang buat menenangkan, mengurangi gatal, dan mengenyalkan kulit.

Untuk itu, pakai produk ini setelah mengaplikasikan toner lalu dilanjutkan dengan memakai serum. Kandungan 90% lendir siput ini dijual dengan harga harga Rp220.000 sampai Rp250.000 untuk kemasan botol 100 ml.


5. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion

blibli.com

Toner Hydrating yang diperlengkapi tiga jenis asam hyaluronic dapat mempertahankan dan menambah kelembaban bagi kulit kering serta sensitif sesudah membasuh muka. Skincare untuk kulit sensitif ini tak mengandung parfum, zat warna serta alkohol sehingga aman.

Toner Hada Labo ini benar-benar menjadi jawaban untuk kulit sensitif karena sama sekali tidak mengeringkan kulit. Pada supermarket, produk ini dijual dengan harga Rp40.000 sampai Rp50.000


6. Klairs Supple Preparation Unscented Facial Toner

klairscosmetics.com

Toner keluaran Klairs asal Korea Selatan ini merupakan produk favorit kebanyakan orang. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari formulanya yang ringan guna membuat optimal pemakaian serum atau essence yang dipakai setelah itu. Produk juga bebas pewangi jadi sesuai bagi pemilik kulit sensitif. Ditambah kandungan asam amino di dalamnya, toner bisa jadi andalan dalam membuat bersih wajah dari sisa kotoran dan riasan.

Kemudian toner yang dijual dengan harga Rp310.00 juga mengandung ekstrak akar licorice dan lidah buaya yang berguna buat mencegah rasa perih jadi aman dipakai untuk segala jenis kulit. Kelebihan produk ini formulanya tidak berat dan bebas dari zat kimia berbahaya.


7. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash 

blibli.com

Cairan pembersih muka yang laris ini ialah skincare untuk kulit sensitif yang bisa menghilangkan kotoran serta minyak menurut pH kulit. Disamping itu, pembersih ini tak membuat kulit jadi kering sesudah mencuci muka.

Pembersih ini mengandung asam hyaluronic  yang bisa melembabkan, memberi nutrisi dan memulihkan tekstur kulit yang kering. Harga Hada Labo varian Gokujyun Ultimate Moisturizing berada diantara Rp19.000-Rp51.000.


8. CeraVe Foaming Facial Cleanser 

cerave.com

Sabun pencuci muka lainnya bagi kulit dengan jerawat yang bagus dan rekomended ialah CeraVe dengan kandungan Vit. B3 yang terdiri dari niacinamide yang bisa membuat tenang serta mempertahankan keelastisitasan kulit juga kelembaban alaminya. CeraVe berisi pola keramid yang teramat piawai dalam menjaga dan mempertahankan kelembaban kulit. Inilah produk yang para ahli kulit mau merekomendasikannya

Kombinasikan antara keramid dan asam hyaluronic inilah yang mempertahankan kelembaban jauh lebih lama. Sabun wajah ini juga dapat membersihkan serta menyegarkan kulit tanpa membuat terkelupas.Di samping itu, produk ini juga bersifat anti komedo sehingga tidak membuat pori-pori tersumbat. Produk ini banyak diulas di Apps TikTok dan berbagai blog akhir-akhir ini.


9. Cetaphil Gentle Skin Cleanser 

cetaphil.com

Produk pembersih muka yang bertekstur lembut ini dirancang dengan formula gel sebagai skincare untuk kulit sensitif. Pembersih ini bekerja secara menyeluruh tetapi tak membikin kulit jadi kering setelah dipakai. Selanjutnya, produk juga sudah diuji secara klinis tidak menimbulkan alergi dan komedo, tidak berbau menyengat juga tidak membuat kulit tersumbat dan iritasi serta tidak ada kandungan deterjen.

Ternyata deterjen dalam kerjanya menarik minyak dari kulit bisa membuat kulit jadi kering dan mengencang sesudah membasuh muka. Memang tidak ada busa yang dihasilkan tetapi kulit akan terasa nyaman sesudah dibilas.

Sabun Cetaphil ini ternyata sangat laris di Indonesia dan belahan dunia yang lain. Sabun muka ini tersedia dalam berbagai ukuran, yakni enam puluh, seratus dan lima ratus ml. Harga kemasan 500 ml adalah Rp280.000.


10. Mediheal N.M.F Sheet Mask 

sociolla.com

Memakai masker ialah kegiatan rutin yang bagus buat kulit. Ini jauh lebih baik daripada memakai produk dengan scrub yang bisa membuat rusak tekstur kulit. Lebih baik memang memilih memakai lembaran masker dengan kandungan bahan-bahan natural yang memberi nutrisi pada wajah. Jadi merk Mediheal, asal Korea Selatan boleh dipertimbangkan .

Mediheal ini punya beragam varian yang sudah diuji dengan cara dermatologis dan aman untuk kulit sensitif. Produknya juga dijamin tidak menyebabkan alergi hingga pemakai tak usah khawatir sewaktu memakainya. Salah satu varian lembar masker yang wajib dicoba ialah N.M.F atau Faktor Pelembab Alami. Masker itu memiliki kandungan asam hyaluronic dan keramid, dua kandungan alami yang melembabkan yang sangat direkomendasikan untuk kulit yang sensitif.


11. Skin Aqua UV Moisture Milk

sociolla.com

Tabir surya ini ialah skincare untuk kulit sensitif yang melindungi permukaan kulit dengan membuat lapisan yang mirip layar hingga sering juga dinamai sunblock. Tabir surya Aqua bertekstur cenderung tebal dan kadang-kadang dapat meninggalkan tanda putih seperti belang. Ini disebabkan kandungan pokok Titanium Dioxide dan Zinc.Tapi bagaimanapun tetap penting memakai produk ini untuk melindungi dari sinar matahari.

Cocok untuk yang sering berada di bawah terik matahari karena tabir surya Skin Aqua ini memberikan perlindungan yang lebih lama pada kulit dibandingkan varian lain. Jika pakai produk ini, tak perlu terlalu kerap mengoles tabir surya ke kulit. Tabir surya mengandung SPF 50+ PA mengamankan pemakai dari sinar UVA maupun UVB serta radikal bebas. Bisa dipakai untuk tubuh maupun wajah.

Walau bertekstur tebal dan susah diserap, tabir surya fisik ini tidak menimbulkan iritasi di kulit. Disamping itu, kerjanya juga stabil dan efektif di jangka waktu yang cukup lama. Satu botol tabir surya dijual dengan harga antara Rp45.000 untuk ukuran 60 gram.


Demikian skincare untuk kulit sensitif yang sudah terbukti manjur dalam mencegah masalah-masalah kulit yang sering dialami bagi pemilik kulit jenis ini. Lakukan pemakaian secara teratur untuk memperoleh manfaatnya. Harga jualnya bisa dikatakan mahal, tetapi tidak ada salahnya dibeli jika manfaatnya bagus.

Anindira Heri - Rekomended

Penulis

Anindira Heri

Content Editor di Rekomended.com. Cosmetics Enthusiast!

    Tinggalkan komentar